Breaking News:

NATUNA TERKINI

Menteri KKP Dukung Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan di Natuna

Menteri KKP menilai, Natuna memiliki potensi besar di subsektor perikanan tangkap termasuk perikanan budidaya.

TribunBatam.id/Istimewa
Menteri KKP Dukung Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan di Natuna. Foto Kunjungan Menteri KKP ke Natuna, Provinsi Kepri, Kamis (22/4/2021). 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Menteri Kelautan dan Perikanan menilai Kabupaten Natuna sangat potensial untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kelautan.

Dalam kunjungan kerjanya di Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, Natuna memiliki potensi besar di subsektor perikanan tangkap dan juga perikanan budidaya.

Sehingga menunjang untuk dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus.

Selain memiliki sumber daya alam yang melimpah, sudah ada infrastruktur penunjang salah satunya Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu yang berlokasi di Selat Lampa, Natuna.

Pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya alam sangat penting dalam meningkatkan nilai perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sumber daya hasil alam perlu dikelola dengan baik sehingga kelestariannya pun ikut terjaga, salah satu di antara sumber daya alam itu adalah hasil laut berupa ikan, lobster, rumput laut dan banyak lainnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono dan rombongan saat meninjau budidaya ikan napoleon dan kerapu di Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepri, Kamis (22/4/2021).
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Wahyu Sakti Trenggono dan rombongan saat meninjau budidaya ikan napoleon dan kerapu di Pulau Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Kepri, Kamis (22/4/2021). (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

"Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Kelautan ini menjadi sangat penting dan harus ada, karena kini sumber kehidupan kita berorientasi pada sumber daya hasil laut.

Untuk itu kedepannya kita akan mengarah kepada ekonomi biru atau kelautan," ujar Menteri KKP, Kamis (22/4/2021).

Kepala Dinas Perikanan Natuna, Zakimin sebelumnya mendukung penuh rencana Menteri Kelautan dan Perikanan untuk dijadikannya Kabupaten Natuna sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kelautan.

Zakimin mengakui adanya kegiatan ekonomi yang tumbuh dan berkembang di bidang perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan serta pemasaran produk perikanan mampu menjadikan Natuna sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Ya dengan adanya sentral terintegrasi bidang kelautan dan perikanan di Natuna diharap mempercepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan," kata Zakimin melalui pesan WhatsApp, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono ke Natuna, Salurkan Bantuan Rp1,345 Miliar

Baca juga: Gubernur Kepri Jemput Menkominfo, Kunjungan ke Natuna Bangun Digital Nation

Terlebih lagi, lanjut Zakimin bahwa Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus pernah berkunjung ke Natuna dalam rangka mengidentifikasi lokasi, potensi dan peluang pengembangan Kawasan Natuna, pada Selasa 9 Maret 2021 lalu.

"Mudah-mudahan sejalan dengan perkembangan SKPT kedepan, Natuna ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus KEK yang diusul oleh Pak Menteri Kelautan dan Perikanan," harap Zakimin.(TribunBatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved