Breaking News:

BEASISWA 2021

Mahasiswa S1 Kini Bisa Daftar Beasiswa LPDP, Begini Penjelasan Mendikbud

Mendikbud Nadiem Makarim kembali mengumumkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kini telah dibuka juga untuk program studi jenjang S1.

Editor:
Dok. LPDP
Ilustrasi LPDP 

TRIBUNBATAM.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud), Nadiem Makarim kembali mengumumkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP).

Beasiswa 2021 ini, terbilang merupakan terobosan baru. 

Ya, kini telah dibuka juga untuk program studi jenjang S1.

Sehingga, mahasiswa atau calon mahasiswa bisa menikmati beasiswa ini dengan syarat ketat.

Bahkan, Tak hanya itu beasiswa itu nantinya juga memiliki program pertukaran pelajar hingga kegiatan besertifikat di industri.

Selain itu, ia menjelaskan terdapat beberapa perubahan yang diterapkan di LPDP.

Info Beasiswa 2021: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang Ibrahim Buka Pendaftaran untuk S2

Salah satunya pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, yakni beraktivitas di luar kampus setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

"Lalu, ada empat kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dibiayai LPDP. Di antaranya kegiatan Kampus Mengajar, mahasiswa diminta mendampingi guru mengajar di sekolah pada daerah 3T, pelatihan besertifikat di organisasi atau perguruan tinggi, pertukaran pelajar ke luar negeri dan dalam negeri," jelasnya dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 10 dengan tema Perluasan Program Beasiswa LPDP secara virtual, Kamis, (22/4/2021).

Lebih lanjut, beasiswa LPDP juga bisa dimanfaatkan peserta untuk menempuh gelar S1 di dalam dan luar negeri. Namun kesempatan ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA berprestasi.

"Misalnya dia pemenang olimpiade akademik, seni, juara olahraga. Mereka bisa dapat," tutur Nadiem.

KESEMPATAN EMAS bagi 2 Daerah Ini, Segera Daftar Beasiswa 2021 dari Kemendikbud

Beasiswa penuh juga diberikan kepada peserta yang ingin menempuh pendidikan pada program studi S1 yang berkaitan dengan Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai penunjang beasiswa kebudayaan. Kemudian program S2 dan S3 khusus untuk pelaku budaya di dalam dan luar negeri.

"Kami memperluas inklusifitas beasiswa LPDP. Tidak hanya untuk S2 dan S3, tapi juga Sarjana dan non gelar," kata Nadiem. 

LPDP sendiri awalnya hanya ada tiga program. Pertama, afirmasi untuk yang berkebutuhan khusus.

Kedua, prasejahtera di daerah 3T dan target untuk beberapa sektor, seperti dokter spesialis, TNI, Polri, dan PNS. Ketiga beasiswa umum untuk yang ingin melanjutkan S2, S3, terutama di luar negeri.

79 Pelamar Lolos Seleksi Psikotes Program Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo 2021

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved