Breaking News:

ROHANI KRISTEN

Renungan Kristen, Apakah Orang Belum Dibaptis Roh Kudus Bisa Dipakai Oleh Tuhan? Ini Penjelasannya

Sebelum Tuhan Yesus terangkat ke sorga,Ia berpesan agar para murid tidak meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di sana.

Istimewa
Pendeta Hanny Andries Gembala Rayon 10 Gereja Tabgha Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pertanyaan perihal apakah orang yang belum dibaptis Roh Kudus bisa dipakai oleh Tuhan, selalu menjadi satu hal yang sangat menarik untuk dibahas. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita melihat sedikit dari sejarah gereja dari zaman post-apostolik ke zaman kontemporer.

Agustinus, seorang teolog besar di abad ke-4 Masehi, yang terkenal dengan kisah pertobatannya dan pemikirannya yang dalam.

Martin Luther, seorang reformator gereja yang menggoncang keadaan gereja yang kelam pada masanya.

John Wesley, seorang teolog di abad ke-18 yang menjadi pelopor Gereja Methodist dan terkenal dengan Gerakan Kesucian-nya (Holiness Movement).

Bunda Teresa, seorang biarawati Katolik Roma yang menggoncang dunia karena pelayanannya terhadap kaum papa yang terpinggirkan karena penyakit kusta, AIDS, dan TBC, dan bahkan dunia mengakui pelayanannya dengan menyematkan hadiah Nobel Perdamaian di tahun 1979.

Billy Graham, seorang penginjil dari Amerika Serikat yang saat mengadakan KKR dapat menghimpun jutaan orang. Bahkan beliau didapuk/didaulat sebagai salah satu pemimpin Kristen paling berpengaruh di abad ke-20 ini.

Baca juga: Renungan Kristen, Yesus Bangkit dari Kematian, Kita Beroleh Masa Depan dan Keselamatan Kekal
Tidak pernah tercatat di dalam sejarah bahwa para raksasa iman (spiritual giants) pada masanya itu mengalami pembaptisan Roh Kudus dengan tanda awal berbahasa Roh. Dan mereka pun bisa dipakai Tuhan dengan sangat luar biasa. Meskipun begitu, sejujurnya, kita tidak benar-benar tahu dengan jelas apakah para raksasa iman di atas pernah mengalami pengalaman Baptisan Roh Kudus. Maka timbullah pertanyaan selanjutnya;

Mengapa seseorang perlu dibaptis dengan Roh Kudus?
Jika seseorang yang belum dibaptis Roh Kudus, atau mungkin pernah mengalami pembaptisan Roh Kudus, namun tidak secara nyata menunjukkannya seperti para tokoh di atas pun bisa dipakai Tuhan dengan dahsyat?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, mari kita lihat sekilas perihal pengajaran tentang Baptisan Roh Kudus yang adalah ciri khas Teologi Pentakosta dan merupakan bagian sentral dari seluruh pengajaran doktrin Pentakosta.

Baptisan Roh Kudus adalah bagian penting dari 5 Pilar Teologi Pentakosta, atau yang sering kita dengar dengan istilah The Five-fold Gospel. Sebagai catatan, 5 Pilar Teologi Pentakosta yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Jesus as Savior (Keselamatan)
Jesus as Sanctifier (Kekudusan)
Jesus as Spirit Baptizer (Baptisan Roh Kudus)
Jesus as Healer (Kesembuhan)
Jesus as The Soon Coming King (Kedatangan Tuhan Yesus Kedua Kali)

Baca juga: Renungan Kristen, Roh Kudus Mampu Insafkan Orang-orang akan Dosanya dan Berbalik kepada Tuhan

“Baptisan Roh Kudus adalah karunia Tuhan untuk semua orang yang telah disucikan hatinya; tanda awal baptisan Roh Kudus adalah berkata-kata dengan bahasa Roh sebagaimana diilhamkan oleh Roh Kudus.”

Halaman
123
Penulis:
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved