Breaking News:

NATUNA TERKINI

200 Warga Natuna Alami Gangguan Jiwa, Ini Tindakan Pemkab

Saat ini, 200 orang di Natuna mengalami gangguan jiwa mulai dari tingkatan yang rendah hingga tingkatan yang parah. Ini rencana pemerintah Natuna.

TRIBUNBATAM.id/MUHAMMAD ILHAM
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, saat di Kantor Bupati Kabupaten Natuna, Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (26/4/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Natuna memberikan perhatiannya terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Pasalnya saat ini setidaknya ada 200 orang di Natuna tercatat sebagai ODGJ.

Mulai dari tingkatan rendah, sedang hingga parah. Data tersebut diperoleh dari Puskesmas yang tersebar di Natuna.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Natuna, Puryanti mengatakan, di tahun 2021 Pemkab Natuna melalui Dinsos memiliki sebuah program untuk kaum disabilitas ODGJ.

"Tahun ini kita punya program untuk disabilitas khusus ODGJ, yaitu Kunjungan Keluarga namanya. Artinya tim medis datang ke rumah-rumah," kata Puryanti kepada Tribunbatam.id, di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Natuna, Jalan Datok Kaya Wan Mohd Benteng, Kompleks Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Senin (5/4/2021).

Untuk tahun 2021 program tersebut hanya diberlakukan di 9 kecamatan dari 15 kecamatan di Natuna.

"Jadi tahun ini hanya 9 Kecamatan saja karena kita terbatas dengan anggaran," ujarnya.

Menurutnya, program tersebut penting dilakukan dikarenakan pelayanan bagi ODGJ oleh pihak keluarga masih kurang baik dari segi kesehatan, obat-obatan, makan, dan sebagainya.

Baca juga: Program Kunjungan Keluarga Pemkab Natuna, Prioritas untuk ODGJ

Sehingga dengan pertimbangan itu Pemkab Natuna melalui Dinsos mengadakan program pelayanan bagi ODGJ yang dinamai Kunjungan Keluarga.

Ia juga berharap agar di tahun depan program tersebut dapat berjalan di kecamatan yang belum terjamah.

Sementara itu Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal mendukung penuh program tersebut, pasalnya selain meningkatkan pelayanan kepada kaum ODGJ juga diharapkan mampu memulihkan yang dialami ODGJ sehingga mampu meningkatkan SDM Kabupaten Natuna

"Kegiatan seperti ini sangat bagus, yang jelas kita dukung penuh, semoga dengan adanya program tersebut mampu memberikan perubahan kepada ODGJ ini, sehingga mereka pulih kembali dan tentu kesembuhan nya itu berpengaruh dengan SDM kita," ujar Bupati Hamid di Kantor Bupati Kabupaten Natuna, Bukit Arai, Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (26/4/2021). (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved