Breaking News:

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

Mandi air dingin sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mandi air dingin yang dimaksud adalah mandi dengan suhu air,

freepik.com
Ilustrasi mandi 

TRIBUNBATAM.id - Mandi air dingin sudah sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Mandi air dingin yang dimaksud adalah mandi dengan suhu air yang sangat dingin, bukan air keran biasa. 

Namun, suhu dingin yang dipakai seharusnya bukan yang menyiksa atau membuat sakit di kulit. Kamu bisa menurunkan suhu air secara bertahap sampai terasa nyaman. 

Mandi air dingin memang tidak dimaksudkan untuk menyembuhkan kondisi kesehatan apa pun atau menggantikan perawatan medis. 

Namun, tak ada salahnya mencoba mandi-air-dingin' title=' mandi air dingin'> mandi air dingin untuk mengurangi keluhan berikut: 

1. Dapat menenangkan kulit yang gatal

Air dingin dapat menenangkan kulit yang mengalami eksim, Psoriasis, terbakar sengatan matahari, atau reaksi alergi

"Air dingin dapat membantu mengurangi sensasi gatal pada kulit,” kata Stacy Chimento, MD, dokter kulit di Riverchase Dermatology, Florida. 

Selain itu, air dingin juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan mandi air panas dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. 

Penting untuk diperhatikan, meskipun air dingin biasanya membantu meredakan gejala, tetapi ia tidak sepenuhnya mengatasi kondisi penyakit kulit yang mendasarinya. Periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat. 

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Usus memiliki peran yang penting termasuk menjaga daya tahan tubuh. Usus manusia dapat memengaruhi sistem kekebalan, tidur, fungsi jantung dan otak, dan banyak lagi.

"Tubuh kita secara alami bereaksi terhadap mandi-air-dingin' title=' mandi air dingin'> mandi air dingin dengan meningkatkan detak jantung, yang pada gilirannya memompa darah kita lebih cepat ke seluruh tubuh kita," kata praktisi pengobatan fungsional Inna Lukyanovsky, PharmD. 

Saat jantung memompa lebih efisien, sirkulasi keseluruhan kita meningkat, bahkan setelah mandi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved