Breaking News:

NEWS WEBILOG TRIBUN BATAM

News Webilog - Prokes Tak Jalan, Covid-19 Melonjak, Ini Saran Anggota DPRD Kepri Rudy Chua

Anggota DPRD Kepri Rudy Chua menilai, meningkatnya kasus covid-19 di Kepri belakangan ini disebabkan beberapa hal. Di antaranya karena kejenuhan warga

ISTIMEWA/DOK PRIBADI
News Webilog - Prokes Tak Jalan, Covid-19 Melonjak, Ini Saran Anggota DPRD Kepri Rudy Chua. Foto Anggota DPRD Kepri, Rudy Chua 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Melonjaknya data pasien kasus Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode April 2021 menimbulkan spekulasi di masyarakat.

Mulai dari kehidupan new normal dan aturan penerapan protokol kesehatan beserta sanksinya, penyuntikan Vaksin Covid-19 serta pembatasan-pembatasan lain yang telah ditetapkan dan diupayakan oleh pemerintah, seolah tidak berdampak signifikan.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Rudy Chua mengatakan, penyebab meningkatnya angka kasus Covid-19 di Provinsi Kepri, khusunya Kota Batam dan Tanjungpinang disebabkan beberapa hal.

"Hasil pengamatan yang kita lihat, jelas karena kejenuhan masyarakat, sehingga ketaatan dan kedisiplinan menjalankan Prokes menjadi lengah"

"Selain itu tingkat pengawasan oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah dan aparat juga semakin lemah tidak seperti di awal-awal," ujarnya saat menjadi nara sumber News Webilog Tribun Batam, dengan tema 'Prokes Tak Jalan, Covid-19 Melonjak', Senin, (26/4/2021).

Baca juga: Satu Balita dan 4 Remaja Sembuh Corona di Natuna, Bagian dari 10 Pasien Sembuh Covid

Baca juga: Corona di Anambas Melonjak Lagi, Sehari 11 Warga Positif Covid, Tiga di Antaranya Pelajar

Lebih lanjut Rudy memaparkan, pola tracing yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 saat ini juga telah berbeda, tidak sepenuhnya menelusuri orang-orang yang kontak erat dengan pasien.

"Sebelumnya disapu bersih seluruh kontak orang terdekat, nah sekarang yang ditracing itu kontak erat yang punya gejala saja," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Rudy juga mendapat banyaknya laporan bahwa pasien isolasi mandiri positif Orang Tanpa Gejala (OTG) masih melakukan kontak erat dengan orang lain di luar rumah.

"Dan ini satu lagi yang menjadi permasalahan kita, artinya ketaatan pasien positif isolasi mandiri ini tidak dapat diandalkan 100 persen," tambahnya.

Menurutnya beberapa permasalahan tersebut cukup serius untuk ditindak lanjuti oleh pemerintah serta stake holder lainnya agar lonjakan kasus Covid-19 di Kepri dapat segera landai.

Halaman
123
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved