Breaking News:

BATAM TERKINI

CATAT! Biaya Berobat Fakir Miskin dan Orang tak Mampu di Batam Bisa Ditanggung APBD

Pemerintah Kota (Pemko) memberikan jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan secara gratis kepada fakir miskin atau orang tidak mampu.

TribunBatam.id/Roma Uly Sianturi
Anggota DPRD Batam, Utusan Sarumaha mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) memberikan jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan secara gratis kepada fakir miskin atau orang tidak mampu. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id  - Pemerintah Kota (Pemko) memberikan jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan secara gratis kepada fakir miskin atau orang tidak mampu.

Bahkan hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang (UU) Rumah Sakit yang telah mengamanatkan kepada pemerintah dan seluruh rumah sakit untuk memberikan layanan kesehatan secara profesional dan bertanggung jawab. 

Sehingga hak-hak masyarakat dalam hal kepenringan kesehatannya bisa terlindungi dengan baik.

Untuk itu, Jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat fakir miskin dan tidak mampu serta orang terlantar harus menjadi perhatian serius pemerintah kota Batam.

Sehingga, Peraturan Wali Kota (Perwako) Batam nomor 15 Tahun 2020 kiranya menjadi acuan bagi Dinas Kesehatan Kota Batam dalam memberikan pelayanan kepada fakir miskin dan tidak mampu serta orang terlantar untuk mendapatkan pelayanan.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha, Kamis (29/4/2021) pagi.

Pihaknya juga meminta dan menggarisbawahi kepada Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk memahami Perwako tersebut. 

Mengingat, sejak tahun 2020 jika ada orang yang tidak mampu dan masuk ke rumah sakit untuk menjalani perawatan kesehatan akan ditanggung oleh Pemerintah melalui APBD Kota Batam melalui Dinas Kesehatan. 

"Artinya, orang yang tidak mampu dan tidak memiliki BPJS kesehatan dan tidak masuk dalam DTKS (Data terpadu kesejehateraan sosial) pada Kementrian Sosial setidaknya bisa sedikit lebih lega. Artinya tidak menanggung biaya selama perawatan," jelasnya.

Baca juga: PASIEN Covid-19 di Batam Makin Banyak, Kini Tambah 42 Orang Lagi

Namun sejak Maret 2021 ini, Dinas Kesehatan Kota Batam terpantau tidak menerapakan seperti tahun 2020 lalu.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved