Breaking News:

Polda Kepri Cek Penggunaan Rapid Test Antigen di Batam, Cegah Pakai Alat Daur Ulang

Dari hasil pengecekan di Bandara Hang Nadim Batam, Polda Kepri mendapati alat rapid test antigen yang digunakan masih baru dan tersegel

tribunbatam.id/istimewa
Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan pengecekan di lapangan untuk mengantisipasi daur ulang penggunaan alat tes antigen di Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Subdit I Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan pengecekan di lapangan untuk mengantisipasi daur ulang penggunaan alat tes antigen di Batam.

Hal itu menyusul adanya temuan polisi pada pemeriksaan Rapid Test Antigen di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara yang diduga menggunakan alat bekas pakai.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri Kombes Teguh Widodo melalui Kasubdit I Indagsi AKBP Tidar Wulung Dahono mengatakan, pengecekan pihaknya itu untuk mengantisipasi kejadian serupa di Bandara Kualanamu.

Pengecekan dilakukan pada Rabu (28/4/2021) di dua lokasi, yakni di Bandara Hang Nadim Batam dan tempat pembuangan limbah RSPB Batam.

Dari hasil pengecekan itu, pihaknya mendapati, alat Rapid Test Antigen di Bandara Hang Nadim Batam yang digunakan masih baru dan tersegel.

Baca juga: CATAT! Saat Rapid Tes Antigen, Pastikan Segel Dibuka di Depan Konsumen

Baca juga: Akui Alat Rapid Tes Bekas Dicuci dengan Air, Polda Sumut Terus Buru Pemain Curang di Kualanamu

"Setelah dipakai, alat yang digunakan untuk swab antigen itu dibuang ke tempat sampah. Kemudian dikumpulkan di satu tempat untuk diangkut setiap pukul 07.00 wib ke tempat pembuangan limbah RSPB Batam," ujarnya.

Selanjutnya, limbah medis Rapid Test itu akan dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Dari pengecekan yang dilakukan, tidak ditemukan daur ulang terhadap alat swab," ujarnya.

Tidar menghimbau dan meminta masyarakat agar bersama-sama melakukan pengawasan. Jika nantinya ditemukan informasi yang mencurigakan terkait penggunaan daur ulang alat swab agar melapor ke polisi.

"Ada yang mencurigakan laporkan, akan kita tindak lanjuti," ujarnya.

(tribunbatam.id/Alamudin)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved