Breaking News:

BATAM TERKINI

MAY DAY 2021 - Di Tengah Pandemi, Sejumlah Pekerja Suarakan Aspirasinya saat Hari Buruh

Merayakan peringatan May Day ataupun hari buruh, sejumlah pekerja tetap turun menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah.

TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Merayakan peringatan May Day ataupun hari buruh, sejumlah pekerja tetap turun menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah. Aksi ini dilakukan di depan Kantor Wali Kota Batam dan DPRD Kota Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Merayakan peringatan May Day ataupun hari buruh, sejumlah pekerja tetap turun menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah.

Aksi ini dilakukan di depan Kantor Wali Kota Batam dan DPRD Kota Batam.

Meski turun dalam jumlah kecil di masa pandemi Covid-19, aksi ini berjalan dengan aman dan lancar. 

Pada kesempatan tersebut, Panglima Garda Metal FSPMI Kota Batam Suprapto menegaskan bahwa aksi yang dilakukan tersebut, guna menyuarakan aspirasi yang berkembang saat ini.

Khususnya terkait Undang-Undang (UU) nomor 11 tahun 2020 (11/2020) yaitu Undang-undang Cipta Kerja. 

"Kenapa kita menolak? Karena untuk nilai-nilai keadilannya sangat tidak bisa diterima oleh para buruh dan pekerja. UU ini sangat menyengsarakan," ujar Suprapto, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Kepri Keberatan Jadi Satu-satunya Pintu Masuk, Kini PMI/TKI Juga Pulang Lewat 2 Kota Ini

Selain itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah untuk bisa memberlakukan Upah Minimum Sektoral (UMSK) 2021, mengingat dalam UU 11/2020 UMSK dihilangkan.

Mereka juga meminta Pemerintah untuk memberlakukan upah sektoral. 

Mengingat, upah sektoral ini adalah bentuk upah berkeadilan. Dimana ada perbedaan antara yang satu pekerjaan dengan yang lainya. 

Kalau disamakan, berarti standarnya tidak berkeadilan. Semua di sama ratakan saja. Padahal jenis pekerjaan di sektor galanagn kapal, elektronik dan sebagainya, sangatlah berbeda beban kerjanya.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved