Breaking News:

KEPRI TERKINI

Kemenhub Siapkan Transportasi Udara untuk Pemulangan PMI/TKI, Ini Kata Menteri Budi Karya

Kemenhub menyiapkan transportasi udara selain transportasi laut, untuk mempercepat pemulangan PMI ke daerah tujuannya di Indonesia

tribunbatam.id/istimewa
Kemenhub Siapkan Transportasi Udara untuk Pemulangan PMI/TKI, Ini Kata Menteri Budi Karya. Foto Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai meninjau secara langsung kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (1/5/2021) 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Perhubungan RI menyiapkan tranportasi udara untuk pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau lebih dikenal Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dengan begitu, kini ada pilihan transportasi lain, di luar tranportasi laut yang selama ini sudah diberikan.

Kebijakan ini disiapkan, guna mengantisipasi makin banyaknya PMI yang kembali ke Tanah Air. Langkah ini diharapkan bisa mempercepat mereka sampai ke daerah tujuan di kampung halamannya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai meninjau secara langsung kedatangan PMI di Pelabuhan Internasional Batam Center, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Menteri Budi Karya Sumadi, ke depan arus kedatangan PMI dari Malaysia dan Singapura akan terus meningkat. Karena itu, perlu diambil langkah cepat mengantisipasi makin banyaknya TKI yang tiba di tanah air.

Baca juga: Pemulangan TKI Pakai Anggaran Pemko Batam, BNP2TKI Diminta Beri Dukungan Dana

Baca juga: Kepri Keberatan Jadi Satu-satunya Pintu Masuk, Kini PMI/TKI Juga Pulang Lewat 2 Kota Ini

Mekanismenya, bagi mereka yang secara ekonomi mampu, diarahkan untuk menggunakan jalur udara. Jadwal dan waktu keberangkatan, akan dikoordinasikan khusus dengan pihak terkait.

Bagi yang tetap memilih menggunakan tranportasi laut, tetap sediakan kapal bersubsidi khusus.

Para pekerja ini tetap dibantu untuk bisa kembali pulang ke daerah tujuan.

“Mudah-mudahan langkah ini akan membantu tim satgas di daerah untuk bisa segera memulangkan suadara-saudara kita sampai ke tempat tujuan. Tentu setelah mereka menjalani serangkaian aturan hingga mereka dinyatakan sehat dan bisa segera kita pulangkan,” kata Menhub.

Pada kesempatan itu, Menteri Budi Karya Sumadi juga memuji langkah yang dilakukan Satgas khusus pemulangan PMI yang dinilainya telah bekerja sesuai prosedur.

Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved