Breaking News:

VIRUS CORONA DI ANAMBAS

Anambas Perdana Tangani Jenazah Pasien Covid19, Tim Gabungan Kenakan APD Lengkap

Kabid di BPBD Anambas Sulaiman mengatakan, penanganganan jenazah covid-19 ini dilakukan perdana di Anambas melibatkan tim gabungan

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Anambas Perdana Tangani Jenazah Pasien Covid19, Tim Gabungan Kenakan APD Lengkap. Foto giat proses pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Kepulauan Anambas. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Penanganan jenazah covid-19 untuk pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Prosedur penanganan jenazah pasien covid-19 di Kepulauan Anambas ini tetap mengacu pada aturan yang telah diberlakukan.

Sekadar informasi, tercatat ada empat pasien covid-19 di Anambas meninggal dunia hingga saat ini.

Tiga jenazah ditangani di luar Anambas karena termasuk pasien rujukan saat itu, sedangkan satu jenazah lagi ditangani di Anambas.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Sulaiman mengatakan, pihaknya berkoordinasi melaksanakan pemakaman jenazah pasien positif covid-19 secara gabungan melibatkan semua pihak.

"Dari RSUD Palmatak, Kecamatan, Satpol PP, Koramil, dan Polsek, kita kemarin gabungan tangani jenazah ini. Penanganannya sesuai dengan protokol covid-19," ujar Sulaiman, Selasa (4/5/2021).

Saat itu pasien positif covid-19 ini meninggal pada malam hari. Jenazah pasien kemudian diisolasi di kamar jenazah. Kemudian saat Subuh baru dilaksanakan pemakaman sesuai protokol kesehatan.

"Dibungkus dengan benar, pakai disinfektan, terus seluruh personel yang menangani baik dari keluarga pendamping dan tim kesehatan memakai APD lengkap," jelasnya.

Ia melanjutkan, keluarga jenazah pasien positif covid-19 menerima dengan baik prosedur yang telah ditetapkan tersebut. Apabila keluarga ingin mengadakan pengajian, sebaiknya dilakukan setelah penguburan atau bisa dilakukan secara daring, untuk mengurangi kerumunan di tengah kondisi penyebaran covid-19 saat ini.

"Kami sangat apresiasi juga dengan Kecamatan di sana, yang masih terbatas peralatan dan personel. Artinya pihak keluarga juga menerima dengan baik, dan tidak ada permasalahan sama sekali," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved