Breaking News:

Covid-19 India: Mohammad Javed Khan Rela Jual Perhiasan Istri demi Sulap Bajaj jadi Ambulans

Mohammad Javed Khan menyulap bajaj miliknya menjadi ambulans mini untuk menolong pasien Covid-19 di India

(AFP PHOTO/GAGAN NAYAR)
Mohammad Javed Khan tukang becak motor yang menyulap kendaraannya jadi ambulans dadakan, pada 30 April berbicara di ponsel sambil duduk, Becaknya kini dilengkapi dengan tabung oksigen dan peralatan medis lainnya untuk membawa pasien Covid-19 ke rumah sakit secara gratis. 

INDIA, TRIBUNBATAM.id - Mohammad Javed Khan rela menjual perhiasa istrinya untuk menyulap bajaj miliknya menjadi ambulans

Mohammad Javed Khan adalah seorang tukang bajaj di India.

Hatinya tersentuh saat melihat orang-orang menggendong keluarga mereka yang positif Covid-19, karena tak punya cukup uang untuk memanggil ambulans.

Tanpa mengharap imbalan, Khan (34) yang berasal dari Bhopal, India tengah, lalu turun tangan untuk membantu.

Bajaj yang biasa ia gunakan untuk mencari nafkah diubah menjadi ambulans kecil.

Ia memasang tabung oksigen, oksimeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah, dan peralatan medis lainnya.

"Seorang pasien yang sakit kritis tidak bisa dibawa ke rumah sakit tanpa bantuan oksigen. Jadi saya pikir, mengapa tidak mengubah bajaj saya jadi ambulans. Tidak sebesar ambulans, tapi pasti bisa menyelamatkan nyawa," kata Khan kepada AFP pada 30 April, yang diunggah pada Selasa (4/5/2021).

Untuk memanggil ambulans, warga harus mengeluarkan biaya 5.000-10.000 rupee atau setara Rp 977.000-1,95 juta.

"Saya melihat orang-orang muda berjuang tanpa oksigen.  Bagaimana orang miskin mampu membayarnya? Terutama selama pandemi ini ketika kebanyakan orang tidak punya penghasilan?"

Mohammad Javed Khan tukang becak India yang menyulap kendaraannya jadi ambulans dadakan, dengan dilengkapi tabung oksigen serta peralatan medis lainnya, untuk mengangkut pasien Covid-19 secara gratis ke rumah sakit. Foto diambil pada 30 April 2021.AFP PHOTO/GAGAN NAYAR Mohammad Javed Khan tukang becak India yang menyulap kendaraannya jadi ambulans dadakan, dengan dilengkapi tabung oksigen serta peralatan medis lainnya, untuk mengangkut pasien Covid-19 secara gratis ke rumah sakit. Foto diambil pada 30 April 2021.

Seseorang lalu membantunya dengan menyumbangkan tabung oksigen dan satu oksimeter.

Halaman
123
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved