Breaking News:

KESEHATAN

Selain Dapat Perkuat Imun Tubuh, Ini dia Pentingnya Konsumsi Vitamin C Setiap Hari

Vitamin C memiliki peranan penting menjaga sistem imun tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan komponen utama dalam

freepik.com
ILUSTRASI 

TRIBUNBATAM.id -  Berita yang beredar tentang semakin memburuknya kasus Covid-19 di India kian menyadarkan kita bahwa kesehatan adalah hal yang mahal sekali untuk saat ini. 

Hal ini membuka mata kita untuk semakin memperhatikan dan menjaga kesehatan

Salah satu caranya adalah dari gaya hidup dan makanan yang kita konsumsi setiap hari, demi memperkuat sistem imun agar bisa meminimalisir infeksi virus corona. 

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ahli gizi, mengatakan bahwa tubuh memiliki sistem imunitas innate (yang dibawa dari lahir) dan adaptif (yang diperoleh setelah lahir, misalnya karena terinfeksi atau melalui vaksinasi). 

Menurutnya, di situasi pandemi saat ini, kedua sistem imun tubuh ini tetap harus dijaga fungsinya agar tetap kuat. 

Di sisi lain, pandemi Covid-19 yang masih menjadi momok menakutkan membuat banyak dari kita mengalami tekanan psikologis yang akan berpengaruh pada fisiologis tubuh. 

Seperti disampaikan Dr. Rita, tekanan-tekanan tersebut akan menyebabkan terjadinya stres fisiologis dan psikologis yang menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas. 

"Maka dari itu kita harus tetap menjaga sistem imun kita agar kuat. Bagaimana caranya, yaitu dengan konsumsi makanan yang kaya gizi, seperti protein, vitamin C, zink, zat besi, vitamin A, vitamin D," ujar Dr. Rita. 

Ditambahkan lagi olehnya bahwa asupan gizi seimbang dapat berperan sebagai bodyguard agar kondisi tubuh lebih terjaga, terutama vitamin C

Vitamin C memiliki peranan penting menjaga sistem imun tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, yang merupakan komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada smeua struktur jaringan ikat di tubuh. 

Halaman
12
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved