Breaking News:

BATAM TERKINI

Anggaran dari Pemprov Kepri tak Kunjung Cair, Biaya Operasional Pemulangan TKI Masih Pakai APBD

Anggaran pemulangan TKI hingga saat ini masih menggunakan dana APBD kota Batam karena dana dari Pemprov Kepri tak kunjung cair.

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, anggaran pemulangan TKI hingga saat ini masih menggunakan dana APBD kota Batam karena dana dari Pemprov Kepri tak kunjung cair. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Operasional Pekerja Migran Indonesia (PMI) selama di Batam memerlukan anggaran besar.

Sejauh ini masih menggunakan APBD Kota Batam.

"Anggaran masih Pemko Batam yang menanggung. Kita masih menunggu dari Pemprov Kepri belum turun-turun. Anggaran cukup besar karena prosedurnya tidak mudah dicairkan," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Rabu (5/5/2021).

Diakuinya, penanganan PMI melalui Batam masih menjadi fokus Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kementerian Perhubungan memberikan pengecualian khusus bagi TKI yang pulang ke daerah asalnya.

Namun, harus memenuhi syarat sudah melakukan karantina dan swab dua kali.

"Makanya, kita tanggani (Pemko) betul-betul saudara-saudara kita dari Singapura dan Malaysia ini pulang. Karena janji Menhub dan Gubenur Kepri bukan hanya kapal tapi mereka tinggal di sini (Batam). Mau tidak mau harus kita selesaikan karena mereka tinggal di sini selama karantina," kata Rudi.

Selain itu untuk memastikan para TKI pulang dalam keadaan sehat dan aman, Rudi meminta Dinas Kesehatan Kota Batam untuk turun mengecek kesehatan para PMI yang pulang ke daerahnya masing-masing meskipun sudah dinyatakan negatif PCR selama 2 kali.

"Karena ini karantina lima hari, makanya nanti banyak kendala. Pak Didi (Kadinkes), pada waktunya PMI pulang, tolong diperiksa mereka (PMI). Karena mereka harus dikembalikan ke daerah asalnya," tegas Rudi.

Baca juga: H-1 Larangan Mudik, 277 Penumpang KM Kelud Turun di Pelabuhan Batu Ampar Batam

Selain itu, Rudi juga mengusulkan bahwa penanganan PMI sebaiknya diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kepri. Sementara, yang lokal terkena Covid-19 ditanggani Pemko Batam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved