Breaking News:

TEKNOLOGI INFORMATIKA

Lindungi Aplikasi WhatsApp Anda dari Pembajakan

Kode verifikasi / One-Time Password (OTP) tersebut, peretas pun akan dapat mengakses kontak di telepon genggam kita maupun grup WA

ist
Ilustrasi WhatsApp 

#TEKNOLOGI INFORMATIKA

TRIBUNBATAM.ID - Jumlah pengguna aktif per bulan sebanyak 2 miliar user di seluruh dunia dan tersedia di 180 negara, WhatsApp adalah aplikasi perpesanan (messaging) terpopuler saat ini.

Namun popularitas ini justru membuat pengguna WhatsApp kerap menjadi incaran para penjahat. 

Kasus yang kembali marak belakangan ini adalah pembajakan akun WhatsApp (WA). Aksi pembajakan akun ini kemudian biasanya diikuti oleh aksi penipuan dengan modus meminjam uang kepada orang-orang yang ada di daftar kontak korban yang akun WA-nya diretas. 

Baru-baru ini menjadi korban peretasan akun WA adalah Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo.

AKBP Slamet menjelaskan modus penipuan dengan bahasa meminjam uang tersebut berawal ketika dia mendapat pesan elektronik untuk aktivasi ulang akun WhatsApp. Permintaan aktivasi itu pun diikuti oleh AKBP Slamet dengan mengikuti instruksi yang muncul di layar gawainya. 

WhatsApp akan Hilang 2 Pekan Lagi, Cara Ini bisa Dilakukan untuk Selamatkan WA dari Ponsel

"Saat saya ikuti perintah oke, muncul kode dan kode tersebut dimasukkan ke dalam aktivasi. Setelah dimasukkan kode tersebut ke dalam aktivasi, akun WhatsApp langsung berpindah dengan nomor telepon dan profil akun langsung lengket kepada orang tidak dikenal tersebut," jelasnya.

Inilah titik lemah yang dimanfaatkan oleh peretas. Jika kita memberikan kode verifikasi / One-Time Password (OTP) tersebut, peretas pun akan dapat mengakses kontak di telepon genggam kita maupun grup WA di mana kita menjadi anggota. 

Untuk itu, kita perlu mengenali modus-modus yang digunakan para peretas untuk mengambil alih atau membajak akun WhatsApp

1.Modus kasir minimarket

Halaman
1234
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved