Breaking News:

BURSA WAWAKO PINANG

Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Panlih Siapkan Pakta Integritas untuk Para Calon

Panlih Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang menyebut mekanisme pemilihan digelar lewat sidang paripurna terbuka. Panlih siapkan pakta integritas

TribunBatam.id/Noven Simanjuntak
Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Panlih Siapkan Pakta Integritas untuk Para Calon. Foto Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Pemilihan Wakil Wali kota Tanjungpinang, Hendy Amerta. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Tak lama lagi Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang (Pilwawako Tanjungpinang) akan dilaksanakan, tepatnya Senin, 10 Mei 2021 bertempat di Ruang Sidang Utama, Kantor DPRD Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Beberapa tahapan terkait Pilwawako ini telah dilewati. Mulai dari pemeriksaan berkas, penetapan nama calon, pengambilan nomor urut dan penyampaian pokok-pokok pikiran oleh Calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Pilwawako Tanjungpinang, Hendy Amerta menyebutkan, mekanisme Pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang akan digelar melalui sidang paripurna secara terbuka.

"Sesuai hasil keputusan rapat, sistem pemilihan menganut asas keterbukaan. Artinya pemilihan ini akan terbuka untuk umum dan nanti bagi yang tidak bisa masuk kami akan sediakan monitor ataupun layar di luar ruang sidang," papar Hendy, Sabtu (8/5/2021).

Hendy juga menjelaskan, untuk sistem pemilihan nantinya akan menggunakan surat suara yang akan dimasukkan ke bilik suara dan proses penghitungan perolehan suara memakai kertas tele.

Ketua Panitia Pemilihan Wakil Wali Kota, Hendy Amerta saat menandatangani penetapan berita acara calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Selasa, (4/5/2021) di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang
Ketua Panitia Pemilihan Wakil Wali Kota, Hendy Amerta saat menandatangani penetapan berita acara calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Selasa, (4/5/2021) di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang (tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

"29 jumlah anggota Dewan yang memiliki hak suara akan kita tayangkan secara terbuka," sebutnya.

Ditanyakan terkait kemungkinan ada salah satu tim atau pun calon wakil wali kota yang melakukan dugaan money politik, bagaimana sikapnya?

"Jika ada dugaan itu, kami dari Panlih tidak menyentuh hal itu. Bukan maksudnya kami tidak menerima masukan tapi kalau memang nanti ternyata ada silakan saja laporkan sesuai jalur hukumnya," ujar Hendy.

Jika terbukti melakukan dugaan money politik, Panlih akan menindaklanjuti untuk menentukan pemilihan Wakil Wali Kota Tanjungpinang selanjutnya.

"Apabila memang terbukti, Cawawako bisa saja gugur, bahkan bisa saja dibatalkan," terangnya.

Halaman
1234
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved