Breaking News:

RAMADHAN 2021

Warga Kampung Budus Lingga Meriahkan Tradisi Malam Tujuh Likur atau 27 Ramadhan

Salah satunya yakni tradisi malam tujuh likur. Tradisi malam tujur likur merupakan tradisi yang berlaku ketika memasuki 10 terakhir bulan Ramadhan.

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Agus Tri Harsanto
TRIBUNBATAM/FEBRIYUANDA
Suasana malam 7 Likur di Kampung Budus, Desa Merawang, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Sabtu (8/5/2021) malam 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Meski dihadang dengan pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat masyarakat Lingga, Provinsi Kepri untuk memeriahkan tradisi yang sudah ada sejak dulu.

Salah satunya yakni tradisi malam tujuh Likur. Tradisi malam tujur likur merupakan tradisi yang berlaku ketika memasuki 10 terakhir bulan Ramadhan.

Adapun tradisi tersebut ditandai dengan pemasangan lampu penerangan dari bahan bakar minyak tanah atau pelita yang dipasang di depan rumah maupun dihiasi sepanjang jalan.

Dimulai dari malam 21 Ramadhan yang berati Satu Likur sampai kepada malam puncak 27 Ramadhan, yakni tujuh likur.

Sesuai namanya, pemasangan pelita dilakukan sesuai jumlah likur, yang berati satu pelita merupakan satu likur di malam 21 Ramadhan, hingga seterusnya.

Semangat masyarakat Lingga untuk melestarikan tradisi ini tidak tergoyahkan dalam situasi apapun.

Salah satunya yakni, semangat para pemuda di Kampung Budus, Desa Merawang, Kecamatan Lingga yang memeriahkan tradisi tujuh likur ini dengan membangun gerbang yang dihiasi lampu penerangan.

Tepat di samping Masjid Al-Muttaqin, dengan gerbang yang menyerupai kubah masjid itu dikerjakan oleh belasan hingga puluhan pemuda Kampung Budus.

Dari pantauan TRIBUNBATAM.id, sekelompok pemuda yang tergabung dalam kepanitiaan kecil itu, antusias menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menyempurnakan pembuatan pintu gerbang itu.

Mewakili Pemuda Kampung Budus, Rangga selaku Ketua Panitia pintu gerbang mengatakan bahwa mereka telah mempersiapkan gerbang tersebut selama lebih kurang 23 hari.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved