Breaking News:

KEPRI TERKINI

Kapal Vietnam Ditangkap Bakamla, Curi Ikan 300 Kilo di Perairan Natuna

Humas Bakamla RI, Kolonel Wisnu menyebut kapal Vietnam itu diamankan di Perairan Natuna. Dari hasil pemeriksaan, kapal itu mengangkut ikan 300 kg

tribunbatam.id/istimewa
Bakamla tangkap kapal illegal fishing berbendera Vietnam di Perairan Natuna Utara, Kepri, Minggu (16/5/2021) 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Satu unit Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam ditangkap kapal patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, kapal patroli laut KN Pulau Dana-323 di perairan Natuna Utara perbatasan Indonesia-Malaysia, Kabupaten Natuna, Kepri, Minggu (16/5/2021) pagi.

Hal itu diungkapkan Humas Bakamla RI, Kolonel Bakamla, Wisnu Paramandita melalui sambungan selulernya, Minggu (16/5/2021).

"Ada 6 orang ABK diamankan dari kapal. Berkebangsaan Vietnam. Hasil pemeriksaan tim patroli kapal mereka mengangkut ikan campur kurang lebih seberat 300 kg," ujar Kolonel Wisnu.

Ia melanjutkan, ikan campur itu merupakan hasil illegal fishing dari perairan Indonesia.

Kapal berbendera Vietnam dengan nama lambung kapal BD 93681 TS dan diawaki 6 ABK itu saat ini digiring ke Pangkalan PSDKP Batam.

Baca juga: Sempat Kabur, Kapal Ikan Asing Asal Vietnam Berhasil Ditangkap Bakamla RI di Perairan Natuna

Baca juga: Kapal Ikan Asing Vietnam Keruk Hasil Laut Natuna Utara, Sebulan Bisa Angkut 40 Ton Ikan

Kolonel Wisnu mengatakan, KIA Vietnam itu diduga telah melakukan pelanggaran batas wilayah dan melakukan aktivitas penangkapan di perairan laut Indonesia tanpa dilengkapi dokumen dari pemerintah Republik Indonesia.

"Untuk mempertanggungjawabkan pelanggarannya, kapal beserta ABK dikawal menuju Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam," katanya.

Adapun kronologis kejadian, Kolonel Wisnu menerangkan singkat hal itu bermula saat kapal patroli Bakamla KN Pulau Dana-323 yang dikomandani Letkol Bakamla Hananto Widhi mendapatkan perintah dari Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Suwito untuk melaksanakan patroli Perisai Sunda III/2021 di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia.

Saat menjalankan patroli, KN Pulau Dana-323 mendeteksi kontak radar sebuah KIA sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di wilayah perairan perbatasan Indonesia-Malaysia dengan kecepatan 2 knot.

Saat itu posisi KIA berada pada 2 NM di dalam garis batas landas kontinen.

Halaman
12
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved