Breaking News:

NATUNA TERKINI

Kasus Covid Meningkat, Wakil Ketua I DPRD Natuna Ajak Warga Jaga Imunitas Tubuh

Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah ikut bersuara menyikapi kasus covid-19 yang kian meningkat di Natuna setelah Lebaran

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah saat ditemui di Ruang Kerjanya Kantor DPRD Natuna, Selasa (18/5/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah ikut bersuara menyikapi kasus covid-19 yang kian meningkat di Natuna setelah Lebaran.

Menurutnya, meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang dikarantina secara terpadu di Kompleks Masjid Agung Gerbang, diakibatkan karena kurangnya imun tubuh selama Lebaran.

Hal ini disampaikan Daeng Ganda Rahmatullah saat ditemui di ruang kerjanya Kantor DPRD Natuna, Jalan Yos Sudarso, Ranai, pada Selasa (18/5/2021).

Ia menilai, tradisi mengonsumsi makanan tinggi lemak, minum minuman bersoda di momen lebaran juga berdampak pada berkurangnya imun tubuh, apalagi setelah satu bulan berpuasa.

"Makanan tinggi gula dan kalori mampu meningkatkan risiko terjadinya stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif akan meningkatkan risiko terjadinya inflamasi dalam tubuh. Tentu saja akan berdampak pada imun tubuh," ujarnya.

Baca juga: Virus Corona Serang Pegawai di Lima OPD Pemkab Natuna, Kasus Covid-19 Meningkat

Sedangkan indikator seseorang akan terpapar virus Covid-19 terkait daya tahan imun tubuh.

Karena itu, Ganda mengimbau agar seluruh masyarakat di Natuna untuk selalu menjaga daya imun tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, rajin berolahraga dan terpenting selalu menjaga protokol kesehatan (prokes).

Selain itu, Ganda juga berharap kepada seluruh masyarakat yang pernah melakukan kontak kepada pasien covid untuk segera melapor ke puskesmas terdekat atau rumah sakit. Itu untuk dilakukan Swab RT-PCR atau Rapid Test Antigen selanjutnya.

"Jangan merasa takut untuk melapor jika pernah melakukan kontak dengan pasien covid. Karena penanganan sejak dini lebih baik daripada berdiam diri sampai munculnya gejala. Pastinya berpotensi akan menular ke keluarga bahkan orang-orang terdekat," jelasnya.

Di akhir wawancara, pimpinan di DPRD Natuna ini berpesan agar seluruh elemen masyarakat Natuna jangan kendor menerapkan prokes 5 M.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved