Breaking News:

NATUNA TERKINI

Sempat Terombang-ambing Arus Laut, 5 Penumpang Kapal SKPT Natuna Dievakuasi Tim SAR

Kapal SKPT Natuna mengalami kerusakan mesin hingga terombang-ambing dan hanyut 11 mil ke arah Tenggara, sebelum ditemukan Tim Sar, Rabu (19/5)

tribunbatam.id/istimewa
Sempat Terombang-ambing Arus Laut, 5 Penumpang Kapal SKPT Natuna Dievakuasi Tim SAR. Foto Proses Evakuasi Kapal Mati Mesin: Tim SAR selamatkan 5 penumpang kapal SKPT Natuna yang alami mati mesin di Perairan Laut Subi, Rabu (19/5/2021) malam 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Tim SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, bersama pihak Kecamatan Subi berhasil mengevakuasi lima penumpang kapal SKPT Natuna di sekitar perairan laut Subi, Rabu (19/5/2021).

Kapal dengan ukuran 5GT asal Kecamatan Pulau Tiga tersebut mengalami kerusakan mesin hingga terombang-ambing dan hanyut 11 mil ke arah Tenggara sebelum ditemukan tim SAR.

"Kapal itu bertolak dari Pontianak menuju Kecamatan Pulau Tiga, Natuna, membawa 5 orang. Dua di antaranya anak-anak, dan 1 orang ibu hamil," ujar Kepala KPP Natuna, Mexianus Bekabel yang turut terjun langsung mengevakuasi korban.

Sebelumnya, Mexi menuturkan, pihaknya mendapat informasi dari Camat Subi dan seorang keluarga korban pada pukul 17.30 Wib, ada kapal yang mengalami mati mesin di sekitar perairan Kecamatan Subi.

Kemudian pada pukul 17.45 Wib, ia bersama sejumlah personel melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan terhadap korban.

Baca juga: Kapal Vietnam Ditangkap Bakamla, Curi Ikan 300 Kilo di Perairan Natuna

Baca juga: Fakta-fakta di Balik Terbakarnya Speedboat Milik BPBD Lingga, Baru Dari Batam

Setelah sekitar jam 2 pencarian dari awal titik koordinat yang diinformasikan keluarga korban, tepat pukul 22.00 WIB, tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan kapal korban dengan nama lambung kapal yakni SKTP Natuna pada koordinat 03° 17.225‘ N. 109°4.215’ E.

"Alhamdulillah ke 5 korban berhasil kita temukan dalam keadaan selamat, meski sempat lemah akibat terombang-ambing hanyut berjam-jam," terang Mexi.

Selanjutnya para korban dievakuasi Tim SAR menuju daratan Kecamatan Subi yang merupakan pulau terdekat. Kemudian tiga korban yang terdiri dari dua anak-anak dan seorang ibu hamil dilarikan ke puskesmas karena mengalami lemah akibat terombang-ambing di laut.

Proses Evakuasi Kapal Mati Mesin: Tim SAR selamatkan 5 penumpang kapal SKPT Natuna yang alami mati mesin di Perairan Laut Subi, Rabu (19/5/2021) malam
Proses Evakuasi Kapal Mati Mesin: Tim SAR selamatkan 5 penumpang kapal SKPT Natuna yang alami mati mesin di Perairan Laut Subi, Rabu (19/5/2021) malam (tribunbatam.id/istimewa)

Di Puskesmas para korban juga dilakukan rapid tes Covid-19, dengan hasil keseluruhannya non reaktif.

Sementara itu Camat Subi, Awang Natuna Saputra yang juga turun langsung melaksanakan operasi pencarian mengapresiasi gerak cepat personel KPP Natuna.

Dengan adanya kejadian ini, Awang mengimbau masyarakat khususnya nelayan dapat lebih memperhatikan faktor keselamatan, apalagi dalam jarak berlayar yang cukup jauh.

"Sangat luar biasa sekali dengan Basarnas Natuna, untuk masyarakat nelayan agar dapat dipersiapkan segala kondisi, terlebih dalam perjalanan jauh seperti ini," pungkasnya..

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved