Breaking News:

BATAM TERKINI

Banyak Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri, Warga Diminta Waspada, Rudi: OTG Tetap Tularkan Virus

Walikota Batam, HM Rudi memperingatkan warga Batam untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan mengingat banyak OTG menjalani isolasi mandiri.

ISTIMEWA
Walikota Batam, Muhammad Rudi memperingatkan warga Batam untuk selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan, baik di luar maupun di lingkungan rumah. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Walikota Batam, Muhammad Rudi memperingatkan warga Batam untuk selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan, baik di luar maupun di lingkungan rumah.

Pasalnya, saat ini banyak pasien Covid-19 yang tak bergejala (Asimptomatik) tengah menjalani isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Sewajarnya, isolasi mandiri juga harus dijalankan dengan protkes yang ketat.

Namun karena banyaknya jumlah pasien isolasi mandiri di beberapa wilayah kecamatan se-Kota Batam, serta terbatasnya tenaga kesehatan, maka jalannya isolasi mandiri bagi pasien Asimptomatik sulit untuk dipantau.

"Orang tanpa gejala (OTG) bukan berarti tidak menular, dia tetap bisa menularkan virus. Makanya kami ingin memastikan apakah yang isolasi mandiri ini tetap disiplin untuk tidak keluar rumah? Kan jumlahnya banyak sekali, susah mengontrolnya," jelas Rudi ketika ditemui di Pelabuhan Batu Ampar, Senin (24/5/2021).

Baca juga: CURHAT Supri, Korban Kebakaran di Sei Panas, Tabungan Hasil Kerja Setahun Hangus Dilalap Api

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Rudi mengharapkan para pasien Asimptomatik ini dapat dirawat di ruang isolasi yang memadai. Dalam hal ini, ia telah mencanangkan gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam dan Asrama Haji sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Namun kendalanya, biaya perawatan pasien Covid-19 tanpa gejala kini tidak lagi menjadi tanggungjawab pemerintah pusat. Dengan demikian, biaya isolasi kemungkinan akan dibebankan kepada pemerintah daerah.

"Sekarang yang OTG tidak lagi ditanggung pemerintah pusat, makanya saya sekarang mau merapatkan bersama BP Batam dan Pemko Batam terkait anggarannya," ujar Rudi. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved