Breaking News:

LALAT SERBU GALANG

Bapelkes Batam Kerahkan 16 Pakar Entomologi, Perangi Ribuan Lalat di Galang

Kepala Bapelkes Batam Asep Zainal Mustofa mengatakan, 16 pakar entomologi itu didatangkan untuk membasmi lalat yang menyerbu galang Batam

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam, Kementerian Kesehatan RI mengerahkan 16 pakar entomologi untuk membasmi wabah lalat di Kecamatan Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (4/6/2021) pagi.  

Belasan pakar entomologi itu didatangkan dari berbagai provinsi di Indonesia. Ada yang dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bahkan dari Indonesia bagian Timur.

Kepala Bapelkes Batam Kemenkes RI, Asep Zainal Mustofa mengatakan, para pakar Entomologi nantinya akan bertugas untuk mencegah dan mengendalikan binatang penular seperti serangga, nyamuk, tikus, kecoak yang dapat menyabkan penularan wabah.

"Sebanyak 16 Entomolog ini merupakan pakar yang sudah tersertifikasi mencegah pengendalian binatang penular. Kita berharap nantinya permasalahan lalat di Galang dapat segera teratasi," ujar Asep.

Saat ini pakar entomologi itu baru saja tiba di Aula Kantor Kecamatan Galang. Para Entomologi itu membawa alat penyemprot insektisida dan alat penangkap nyamuk terbang dan sejumlah zat insektisida.

Rencananya siang ini pakar entomologi itu akan turun ke lapangan untuk memerangi lalat. Ada beberapa tempat menjadi sasaran.

Diketahui sudah beberapa minggu terakhir, warga Kecamatan Galang diresahkan dengan penyebaran lalat.

Sementara itu, warga Kampung Tanjung Banun, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Batam, diserang ribuan lalat dalam dua bulan terakhir.

Serbuan lalat itu membuat masyarakat yang tinggal di Tanjung Banun susah melakukan aktivitas.

Tak hanya itu, beberapa anak balita di sana juga terserang diare.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved