Breaking News:

NATUNA TERKINI

Selama Program Belajar Dari Rumah, Guru dan Orangtua Harus Saling Kerjasama

Kerjasama antara guru dengan orangtua siswa dalam proses belajar mengajar secara Belajar Dari Rumah (BDR) sangatlah penting.

TRIBUNBATAM.id/MUHAMMAD ILHAM
Kepala Seksi Pembina SD Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Umar Wirahadi Kusuma. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Kerjasama antara guru dengan orangtua siswa dalam proses belajar mengajar secara Belajar Dari Rumah (BDR) sangatlah penting.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Pembina SD Disdik Natuna, Umar Wirahadi Kusuma. Ia menjelaskan BDR tak harus memenuhi target standar kurikulum.

Semenjak pandemi Covid-19 proses belajar mengajar dilaksanakan secara Daring dan di Kabupaten Natuna sendiri memberlakukan program Belajar Dari Rumah (BDR).

"Pemberlakuan program BDR terkendala oleh berbagai keterbatasan kemampuan sarana dan prasarana berupa handphone, laptop dan jaringan bagi guru dan peserta didik," kata Umar kepada TRIBUNBATAM.id, di ruang Sekretaris Kantor Dinas Pendidikan Natuna, Senin (7/6/2021).

Menurut Umar kerjasama antara guru dengan orangtua siswa dalam proses belajar mengajar secara BDR sangatlah penting.

Baca juga: DERETAN Fakta Aksi Begal di Batam, Punya Senjata Sangkur dan Sebabkan Korban Patah Tulang

"Bagi peserta didik yang tempat tinggalnya tidak terjangkau jaringan internet, guru akan mengantar materi ajar ke rumah siswa ataupun orangtua mengambil materi ajar ke rumah guru," ungkapnya.

Sekolah yang mengikuti program BDR antara lain Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Midai dan Suak Midai serta Kelurahan Sedanau.

Program BDR dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari Kecamatan Bunguran Timur tanggal 21 Mei lalu, kemudian diikuti oleh sekolah-sekolah lain, dan rencananya akan berlangsung hingga tanggal 12 Juni.

Pemberlakuan BDR bisa berlanjut tergantung dari status Covid-19 di Natuna

"Untuk sekolah yang menerapkan program BDR, peserta didiknya melaksanakan ujian semester dari rumah masih-masing. Ujian semester sendiri sudah mulai dilaksanakan pada hari ini 7 Juni dan berakhir pada tanggal 12 Juni 2021," jelas Umar.

Hal penting lainnya yang diungkapkan Umar adalah tentang target kurikulum.

"Pembelajaran secara BDR memang sangat tidak efektif dan juga sekolah tidak dituntut untuk mencapai ketuntasan dan memenuhi target kurikulum dikarenakan keadaan sedang tidak normal," ucap Umar.

Walaupun keadaan sedang tidak normal pemerintah sendiri tetap mengupayakan proses belajar mengajar berjalan sebagaimana mestinya, hal ini untuk menghindari kurangnya minat peserta didik untuk belajar seperti sediakala saat keadaan sudah kembali normal. (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved