Breaking News:

BATAM TERKINI

Bea Cukai, Ditpolairud dan KPLP di Indonesia Bersatu Amankan Perairan Batam

Operasi Patroli bersama merupakan kegiatan berskala nasional yang dilaksanakan oleh jajaran Bea Cukai, Ditpolairud dan KPLP di seluruh Indonesia.

ISTIMEWA
Bea Cukai, Ditpolairud dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) melaksanakan apel pembukaan dalam rangka Sinergi Operasi Patroli Laut bersama di wilayah Kepulauan Riau, Selasa, ( 8/6/2021) di di Dermaga PSO Bea dan Cukai Tipe B Sekupang, Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Apel pembukaan dalam rangka Sinergi Operasi Patroli Laut bersama di wilayah Kepulauan Riau digelar di Dermaga PSO Bea dan Cukai Tipe B Sekupang, Batam, Selasa ( 8/6/2021). 

Apel tersebut diikuti Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Pangkalan Sarana Operasi Bea Cukai Batam, Ditpolairud dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP).

Pada kesempatan ini sekaligus dilakukan atraksi oleh gabungan kapal patroli dari Bea Cukai, KPLP dan juga Ditpolairud Kepri.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan nasional yang bersinergi untuk memperkuat pengamanan di laut khususnya di wiayah Kepulauan Kepri.

Mengingat Kepri ini merupakan wilayah perbatasan yang tergolong rawan penyeludupan barang baik impor maupun ekspor.

“Berdasarkan data yang kita peroleh, upaya penyelundupan di perairan Kepulauan Riau semakin marak, terutama Baby Lobster(BL) yang rutin melakukan aksi penyelundupan menggunakan High Speed Craft(HSC). Kondisi geografis berupa kepulauan di perairan Batam yang sulit untuk dilakukan pengawasan sepenuhnya. Hal ini yang melatarbelakangi diadakannya Operasi Patroli Laut antara Bea Cukai ,Polairud , dan KPLP,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata kepada wartawan.

Lanjut Susila, perlu diketahui bahwa Operasi Patroli bersama ini merupakan kegiatan berskala nasional yang dilaksanakan oleh jajaran Bea Cukai, Ditpolairud dan KPLP di seluruh Indonesia.

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry di Pelabuhan Domestik SBP Tanjungpinang, Rabu 9 Juni 2021 Ada 8 Trip

Operasi Patroli bersama yang saat ini diselenggarakan bertujuan untuk pemberantasan NPP, pencemaran lingkungan, pelanggaran UU pelayaran dan pelanggaran ketertiban umum. 

“Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita para aparat penegak hukum untuk  menjaga sinergitas antara ketiga instansi ini, untuk melakukan kewenangan sesuai Undang-Undang yang berlaku. Kita susun strategi-strategi terobosan dan terukur demi tercapainya efektif dan efisiensi kegiatan sehingga mampu menghasilkan output yang berbobot,” lanjut Susila.

Bea Cukai bersama beberapa instansi terus melakukan sinergi dengan baik, seperti baru-baru ini Bea Cukai Batam bersama Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Batam berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster dengan modus disimpan di dalam galon dan dikemas menggunakan keranjang bambu.

Halaman
123
Penulis: ronnye lodo laleng
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved