Breaking News:

PPDB 2021

BESOK, Hari Terakhir PPDB 2021, Tak Akan Ada Perpanjangan Waktu, 9.804 Calon Peserta Sudah Terdaftar

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD masih berlangsung hingga esok hari, Selasa (15/6/2021).

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
ist
Jadwal pendaftaran PPDB 2021 Batam untuk Sekolah Dasar 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD masih berlangsung hingga esok hari, Selasa (15/6/2021).

Berdasarkan data terakhir total pendaftar sudah mencapai angka 9.804 calon peserta didik.

"Angka tersebut masih di bawah daya tampung SDN dan swasta yang mencapai 26 ribu kursi. Jadi kalau pendaftaran berimbang, maka semua siswa bisa ditampung," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Senin (14/6/2021).

Diakuinya, apabila melihat dari total pendaftar yang masih di angka sembilan ribu orang, jumlah daya tampung masih tersedia untuk saat ini.

Namun kendalanya ada pendaftaran ini dikhawatirkan tidak merata, sehingga daya tampung satu sekolah melebihi yang tersedia.

"Misalnya ada case eperti ini tentu harus dilakukan pemerataan ke sekolah yang masih lowong. Misalnya SMPN 3 Batam yang sampai saat ini masih menjadi favorit di Sekupang. Pemerataan ini bertujuan untuk mendistribusikan siswa yang tidak tertampung di satu sekolah," paparnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam tingkat SD, total calon pendaftar sebanyak 22.375 usia 6 hingga 7 tahun.

Untuk kuota pendaftaran yang tersedia mayoritas merupakan zonasi. 

Mereka yang berdomisili dekat dengan lokasi sekolah diprioritaskan diterima.

Tidak saja itu, calon peserta yang berusia 7 tahun juga dipastikan diterima di SD Negeri.

Tahun ini rencana daya tampung (RDT) sebanyak 11.420, jumlah rombongan belajar 317. Untuk jalur zonasi menyediakan kuota 5.710, jalur afirmasi 1.732, jalur perpindahan orangtua 534 kuota.

Sebelumnya diberitakan, PPDB tetap menggunakan sistem zonasi.

Dan ketentuan calon siswa yang diterima juga sudah diatur.

"Pertama dibuka untuk SD dulu, dan masih ada waktu cukup panjang. Jadi tidak usah khawatir," ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakat Achmad.

Terkait daya tampung, Amsakar mengatakan sesuai dengan laporan Disdik Batam, jumlah rombongan belajar (Rombel) sekolah swasta dan negeri sanggup untuk menampung lulusan TK yang ada saat ini. 

"Sekarang ini kita terima saja dulu pendaftaran. Soal penerimaan dan lolos seleksi nanti akan diumumkan langsung oleh Disdik," ujar pria mantan Kadisperindag ini.

Ia berharap walaupun sejumlah siswa nantinya tidak tertampung di sekolah negeri, masih ada sekolah swasta. Tak kalah dengan negeri, swasta juga merupakan satuan pendidikan dengan mutu yang bagus. 

"Memang kalau semua ke negeri, daya tampung tidak cukup. Mudah-mudahan lah ada solusinya nanti," katanya. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved