Breaking News:

BERITA CHINA

CHINA Merajalela, 28 Pesawat Tempur dan Pembom Masuk Langit Taiwan, Ambisi Xi Jinping Satukan China

Intimidasi China terhadap Taiwan memasuki babak krusial di mana yang terbaru militer Xi Jinping mengerahkan 28 pesawat berbagai jenis masuk Taipeh

Penulis: Irfan Azmi Silalahi | Editor: Irfan Azmi Silalahi
Daily Express
Ilustrasi Presiden China Xi Jinping. China di bawah kepemimpinannya mengklaim Taiwan adalah bagian dari China dan meminta negara kepulauan itu tunduk ke Beijing 

TRIBUNBATAM.id - Intimidasi China terhadap Taiwan memasuki babak krusial, di mana 28 pesawat Negeri Panda masuk langit Taipeh.

Puluhan pesawat angkatan udara Beijing yang di antaranya jenis tempur dan pembom berkemampuan nuklir, masuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Selasa (15/6/2021).

Taiwan selama bertahun-tahun telah mengeluh tentang misi berulang oleh Angkatan Udara China di dekat wilayah mereka.

Tentara Xi Jinping terkonsentrasi di bagian Barat Daya zona pertahanan udaranya, dekat Kepulauan Pratas yang Taipe kuasai.

Baca juga: Beijing Getol Intimidasi Taiwan dari Laut dan Udara, Sosok Ini Sebut Sebenarnya China Bidik AS

Dilansir Reuters dari Kementerian Pertahanan Taiwan, misi China terbaru itu melibatkan 14 jet tempur J-16, enam jet tempur J-11, empat pembom H-6 serta pesawat peringatan dini.

Dalam foto ini diambil 10 Februari 2020, dan dirilis oleh Republik Pertahanan Tiongkok (ROC) Kementerian Pertahanan Nasional, Angkatan Udara Taiwan F-16 di latar depan terbang di atas sayap Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) H -6 pembom saat melewati dekat Taiwan
Dalam foto ini diambil 10 Februari 2020, dan dirilis oleh Republik Pertahanan Tiongkok (ROC) Kementerian Pertahanan Nasional, Angkatan Udara Taiwan F-16 di latar depan terbang di atas sayap Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAAF) H -6 pembom saat melewati dekat Taiwan (Republic of China (ROC) Ministry of National Defense via AP))

Sekadar informasi pembom H-6 bisa membawa senjata nuklir, anti-kapal selam, juga peperangan elektronik

Menurut otoritas Tawain, itu adalah serangan harian terbesar sejak Kementerian Pertahanan Taiwan secara rutin, melaporkan kegiatan Angkatan Udara China di ADIZ Taiwan tahun lalu.

Kehadiran 28 pesawat Tiongkok itu sekaligus memecahkan rekor sebelumnya, yakni 25 pesawat pada 12 April lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan menambahkan, pesawat tempur Taiwan dikirim untuk mencegat dan memperingatkan pesawat militer China, sementara sistem rudal juga dikerahkan untuk memantau mereka.

Baca juga: China Terus Lakukan Provokasi, Kini Taiwan Mulai Terdesak Bahkan Akan Diserang

Pesawat China tidak hanya terbang di daerah yang dekat dengan Kepulauan Pratas, tetapi para pembom dan beberapa pesawat tempur terbang di sekitar bagian Selatan Taiwan, dekat dengan ujung bawah pulau itu, menurut Kementerian Pertahanan Taiwan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved