Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Klarifikasi Pihak RSUD RAT Soal Nakes Covid-19 Tagih Tunggakan Insentif 8 Bulan

Pihak manajemen RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang memberikan klarifikasinya terkait nakes covid-19 yang menagih tunggakan insentif, Rabu (16/6)

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.id/ENDRA KAPUTRA
Klarifikasi RSUD RAT Soal Nakes Covid-19 Tagih Tunggakan Insentif 8 Bulan. Foto Nakes covid-19 di RSUP RAT Tanjungpinang menagih tunggakan insentif yang belum dibayarkan selama 8 bulan lewat karangan bunga di depan Gedung Daerah . 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Pihak manajemen RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Tanjungpinang akhirnya memberikan klarifikasi terkait beredarnya foto karangan bunga yang berisi keluhan para tenaga kesehatan (Nakes) di rumah sakit tersebut.

Penjelasan ini disampaikan melalui Humas RSUD RAT, Santi. Ada enam poin yang dijelaskan dalam surat yang diterima Tribunbatam.id.

Pertama, insentif covid tahun 2020 bersumber dari APBN yang dialokasikan pada kegiatan BOK di Dinas Kesehatan Provinsi Kepri.

Kedua, sesuai PMK No. 17/PMK.07/2021 tanggal 16 Februari 2021, menyatakan insentif nakes dianggarkan di APBD masing-masing daerah.

Ketiga, pada Maret 2020, insentif covid-19 dianggarkan dari APBD. Ketika daerah-daerah lain belum mengalokasikan RSUD Raja Ahmad Tabib sudah membayar Maret - Mei 2020.

Keempat, kemudian keluar Permenkes tentang insentif covid-19. Dalam aturan itu beban anggaran berpindah ke anggaran BOK yang bersumber dari APBN Juni-September 2020.

Insentif Oktober - Desember 2020 anggaran BOK tidak cukup untuk membayar insentif dan dicatat sebagai utang.

Kelima, karena tidak dianggarkan dari awal APBD 2021 maka diperlukan proses administrasi yang sesuai ketentuan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

Keenam, pada 15 Juni 2021 anggaran insentif Nakes Covid-19 telah masuk ke rekening Bendahara RSUD RAT dan tanggal 16 Juni 2021 atau hari ini dilaksanakan proses pembayaran insentif.

"Jadi itulah bentuk klarifikasi yang kami sampaikan dari RSUD RAT," sebut Santi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved