Breaking News:

Varian Baru Virus Corona Sudah Masuk dan Menyebar, Kenali 25 Gejala Covid-19 Versi WHO

Varian baru yang dominan terutama B.1.617.2 atau varian Delta pertama kali ditemukan di India dan varian B.1.1.7 atawa Alpha diidentifikasi di Inggris

Editor: Irfan Azmi Silalahi
Kompas.com
Foto tertanggal 7 Desember 2020 memperlihatkan para perawat di UGD North Memorial Health Hospital di Robbinsdale, Minnesota, sedang merawat pasien Covid-19. Mengacu WHO terdapat 25 gejala Covid-19 

TRIBUNBATAM.id - Indonesia kini dihadapkan dengan kenyataan pahit bahwa varian baru virus corona sudah masuk dan menyebar.

Menyusul dengan masuknya varian baru tersebut, sejumlah daerah mencatat adanya kenaikan kasus Covid-19.

Mengacu data WHO dalam Pembaruan Epidemiologis Mingguan tentang COVID-19 yang terbit Selasa (15/6/2021), sepanjang pekan lalu jumlah infeksi di Indonesia mencapai 55.320.

Angka itu naik 37 persen dibanding kasus pekan sebelumnya, yakni sebanyak 40.280.

Jumlah itu membawa Indonesia masuk 10 besar negara dengan kasus tertinggi pada pekan kedua Juni 2021.

Baca juga: MELONJAK! Jumlah Pasien Covid-19 Baru di RSKI Galang Tambah 46 Orang

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga melakukan swab antigen setelah menggelar aksi razia prokes di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (15/6/2021) malam
Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga melakukan swab antigen setelah menggelar aksi razia prokes di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (15/6/2021) malam (tribunbatam.id/istimewa)

Masyarakat diminta harus semakin waspada, termasuk dengan mengenali gejala virus corona.

Varian baru yang dominan terutama B.1.617.2 atau varian Delta, yang pertama kali ditemukan di India dan varian B.1.1.7 atawa Alpha yang pertama diidentifikasi di Inggris.

Melansir situs resmi WHO, berikut adalah gejala virus corona baru yang paling umum terjadi adalah demam, batuk kering dan kelelahan.

Sementara itu, gejala virus corona yang kurang umum dan bisa memengaruhi beberapa pasien, biasanya seperti kehilangan rasa atau bau, hidung tersumbat, konjungtivitis (mata merah), sakit tenggorokan, sakit kepala.

Kemudian pasien biasanya mengalami nyeri otot atau sendi, ruam kulit, mual atau muntah, diare dan menggigil atau pusing.

Baca juga: PASIEN Positif Covid-19 di RSKI Galang Batam Kembali Naik, Hari Ini Tambah 19 Orang

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved