Breaking News:

BATAM TERKINI

5 Kementerian Lembaga Negara Tinjau Pulau Nipah, Perketat Pengawasan Pulau Terluar di Batam

5 Kementerian meninjau Pulau Nipah Batam, Jumat (18/6/20221) pagi untuk memantau kemampuan pertahanan serta pengelolaan wilayah perbatasan negara.

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Lima Kementerian meninjau Pulau Nipah Batam, Jumat (18/6/20221) pagi. Peninjauan itu, untuk memantau implementasi kebijakan penggelaran kekuatan dan kemampuan pertahanan serta pengelolaan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Lima Kementerian meninjau Pulau Nipah Batam, Jumat (18/6/20221) pagi.

Peninjauan itu, untuk memantau implementasi kebijakan penggelaran kekuatan dan kemampuan pertahanan serta pengelolaan wilayah perbatasan negara dan pulau-pulau kecil terluar.

Peninjauan menggunakan Kapal Patroli Bakamla yakni KN Belut Laut – 406 yang sandar di Dermaga 99 Batu Ampar, Kota Batam.

Saat peninjauan, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto bersama Deputi Bidang Pertahanan Negara Kemenko Polhukam Mayjen TNI Ilman Hadi, Direktur Wilayah Pertahanan Kemhan Laksma TNI Jaya Darmawan, Sisdirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Hendra Yusran Siry, Asdep Batas Negara Wilayah Laut dan Udara Siti Metrianda Akuan, Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Suwito dan KS Guskamla Kolonel Laut (P) Tomi Esrizal.

Kantor Kamla Zona Maritim Barat mengatakan siap membantu dalam pengamanan dan pengawasan pulau-pulau terluar termasuk Pulau Nipa yang berada dalam wilayah kerja Zona Maritim Barat.

Baca juga: Petugas Medis Lambat Datang, Peserta Vaksinasi di Sekolah Yos Sudarso Merangsek Masuk Aula 

Hal itu dikatakan Laksma Bakamla Hadi Pranoto di hadapan para pejabat yang ikut on board dalam KN Belut Laut-406.

“Kita mengetahui bahwa Pulau Nipa termasuk salah satu pulau terluar dan terletak di Selat Singapura yang perlu mendapat perhatian khusus karena letaknya yang sangat dekat dengan Singapura. Secara geografis Pulau Nipa terletak pada koordinat 01009’13’’ U dan 103039’11’’ T,” ujar Laksma Bakamla Hadi Pranoto menambahkan.

Selain itu, Laksma Bakamla Hadi Pranoto menyebutkan bahwa nantinya Zona Maritim Barat akan diperkuat dengan sebelas Sistem Pemantauan Terpadu yang tersebar di wilayah kerjanya sehingga pemantauan di Pulau-Pulau dan perbatasan dengan negara tetangga dapat tercover dengan baik.

Menggunakan unsur KN Belut Laut-406, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat beserta seluruh rombongan tolak dari Dermaga 99 Batu Ampar Batam pada pukul 09.00 WIB. (TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved