Breaking News:

Dinkes Tanjungpinang Siap Gelar Vaksinasi bagi Anak-Anak, Tapi Tunggu Kebijakan Pusat

Plt Kadinkes Tanjungpinang Nugraheni mendukung vaksinasi bagi anak-anak. Untuk realisasinya tunggu kebijakan dari Gubernur Kepri dan pusat

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Dinkes Tanjungpinang Siap Gelar Vaksinasi bagi Anak-Anak, Tapi Tunggu Kebijakan Pusat. Foto Plt Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Nugraheni 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang siap menggelar vaksinasi Covid-19 bagi sejumlah anak-anak dengan rentang usia 12-17 tahun.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Kota Tanjungpinang, Nugraheni mengatakan, wacana pelaksanaan tersebut masih menunggu kebijakan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), setelah keluarnya izin vaksin anak-anak dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

"Kalau saya justru mendukung, apabila itu sudah diperbolehkan Tanjungpinang akan lebih mudah melaksanakannya," ujar Nugraheni saat dihubungi, Selasa, (29/6/2021).

Soal teknis, menurutnya tinggal mengumpulkan anak-anak di rentang usia itu di sekolah atau di tempat mereka belajar.

"Nanti kita vaksin di situ sehingga pencapaiannya akan lebih cepat lagi," katanya.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Natuna Bertambah 42 Orang, Ini Lokasi Vaksinasi di Bunguran Timur

Nugraheni menilai, dengan begitu banyaknya aktivitas anak-anak mulai usia 12-17 tahun, mereka juga penting mendapat perlindungan dari ancaman Covid-19.

"Sebenarnya itu kalau herd immunity sudah terbentuk, sudah lebih aman. Tetapi apabila anak-anak tersebut mulai aktif sekolah dan sebagainya, dia juga harus mempunyai kekebalan untuk dirinya sendiri agar dia terlindungi oleh orang-orang di sekitarnya," sebut Nugraheni.

Foto kegiatan vaksinasi covid-19 di tingkat Rw Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Senin (28/6/2021)
Foto kegiatan vaksinasi covid-19 di tingkat Rw Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Senin (28/6/2021) (tribunbatam.id/Pertanian Sitanggang)

Masih kata Nugraheni, persyaratan vaksinasi bagi anak-anak usia 12-17 nantinya tidak berbanding jauh dengan usia dewasa sebelumnya.

"Ya sama syaratnya. Untuk screnning dia harus tidak mempunyai riwayat penyakit, tapi kita berharap dengan dilaksanakannya wacana ini mereka bisa lebih produktif lagi untuk sekolah," tutupnya.

Jokowi: Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 12-17 Tahun Segera Dimulai

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved