Breaking News:

Dukung Pemerintah, BPJS Kesehatan Tetap Terapkan Pelayanan Terbatas dan Protokol Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Batam pun turut mendukung himbauan pemerintah dengan tetap memberlakukan pelayanan terbatas.

Dukung Pemerintah, BPJS Kesehatan Tetap Terapkan Pelayanan Terbatas dan Protokol Kesehatan
Ist
BPJS Kesehatan mengatur antrean peserta di luar sesuai dengan protokol kesehatan

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pandemi belum berakhir. Sampai dengan saat ini kasus masih terus bertambah, begitu pula di Kota Batam.

Pemerintah Kota Batam melalui Surat Edaran Walikota Batam No.26 Tahun 2021 melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sampai waktu yang belum ditentukan.

BPJS Kesehatan Cabang Batam pun turut mendukung himbauan pemerintah dengan tetap memberlakukan pelayanan terbatas. Cory Cintami Yama selaku Supervisor Frontliner BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa layanan di kantor cabang hanya diperuntukkan bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas III dan Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Selain 2 (dua) segmen peserta tersebut dihimbau untuk melakukan layanan tanpa tatap muka.

“Kami sudah memberlakukan layanan terbatas sejak awal pandemi. Namun, banyak peserta yang belum tahu, sehingga masih ada yang datang ke kantor cabang.  Hal ini tidak dapat kami akomodir seluruhnya, karena layanan terbatas,” kata Cory.

Bagi peserta di luar segmen tersebut, pihak BPJS Kesehatan sudah menyiapkan layanan non tatap muka antara lain Care Center 1500 400, Mobile JKN, dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa).

Dengan kanal tersebut segala jenis layanan administrasi BPJS Kesehatan dapat diakses tanpa harus datang ke kantor.

“Kami mengutamakan peserta mengakses Mobile JKN untuk layanan administrasi karena fitur yang tersedia sudah sangat mendukung. Namun dalam hal gadget yang dimiliki oleh peserta tidak mumpuni, atau jika layanan yang dibutuhkan tidak tersedia di Mobile JKN, peserta dapat mengakses Pandawa kantor cabang Batam di nomor 0895370680105,” kata Cory.

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat melakukan pendaftaran menjadi peserta, melakukan perubahan data seperti fasilitas kesehatan dan kelas.

Peserta juga dapat melihat status kepesertaan dan tagihan iuran. Untuk layanan yang tidak dapat diakomodir melalui Mobile JKN, seperti misalnya pengalihan status kepesertaan, laporan peserta meninggal, maupun menambah anggota keluarga peserta dapat mengakses layanan Pandawa.

Muti, salah satu peserta JKN-KIS yang mengunjungi kantor cabang pada Selasa (29/06) mengatakan bahwa BPJS Kesehatan menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik.

Hal ini dapat dilihat dari lengangnya peserta yang sedang menunggu antrian di ruang pelayanan dibanding sebelum pandemi. Demikian pula dengan antrian peserta di luar yang sedang menunggu giliran masuk ke dalam ruangan yang sudah berjarak dan diberi batasan.

“Petugas security sepertinya melakukan pengawalan yang cukup ketat dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas juga memakai masker, dan setiap pengunjung diminta untuk melakukan cek suhu dan menggunakan hand sanitizer,” kata Muti.

Muti mengatakan protokol kesehatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan baik kepada peserta maupun internal BPJS Kesehatan membuat pengunjung merasa nyaman.

“Saya lihat pegawai juga menerapkan protokol kesehatan, sehingga saya nyaman memperoleh layanan disini,” kata Muti.(*)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved