Breaking News:

CORONA KEPRI

PPKM Mikro di Anambas Diberlakukan, Ini Deretan Aturan dan Penanganannya

Terkait PPKM Mikro di Anambas, Pemkab sudah berkoordinasi dengan lurah dan kepala desa agar melaksanakan PPKM pada tingkat rukun tetangga (RT) dan ruk

Editor: Eko Setiawan
HUMAS PEMKAB ANAMBAS
Penyampaian dan himbauan oleh Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad kepada masyarakat, PNS dan PTT di Anambas tentang keharusan untuk melaksanakan vaksinasi. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - PPKM Mikro adalah salah satu cara pemerintah Indonesia untuk menekan angka penyebaran Virus Covid-19.

Sejauh ini, sejumlah daerah sudah mulai melakukannya. Salah satunya Pemerintah Anambas

Pemkab Kepulauan Anambas kini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Selain itu mengoptimalkan posko penanganan Covid-19.

Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kepulauan Anambas.

Terkait PPKM Mikro di Anambas, Pemkab sudah berkoordinasi dengan lurah dan kepala desa agar melaksanakan PPKM pada tingkat rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

PPKM mikro ini juga mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian wilayah hingga tingkat RT.

Baca juga: Rencana PPKM Mikro Batam Masih Dibahas Pemko dan Forkopimda

Dengan kriteria zona hijau, masuk kriteria tidak ada kasus covid-19 di satu RT. Maka skenario pengendalian dilakukan dengan surveilans aktif seluruh suspek dites dan pemantauan kasus tetap dilakukan secara rutin dan berkala.

Kemudian zona kuning dengan kriteria jika terdapat 1 sampai dengan 2 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir. Maka skenario pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak dengan pengawasan ketat.

Lalu zona oranye dengan kriteria jika terdapat 3 sampai 5 rumah terkonfirmasi positif dalam satu RT selama 7 hari terakhir. Maka pengendalian adalah menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, lalu melakukan isolasi mandiri untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved