Breaking News:

7 Kesalahan yang Bikin Wajahmu Cepat Tua, Apa Saja?

Penuaan dini adalah sesuatu yang dapat dikendalikan, dan beberapa kesalahan yang dilakukan sekarang, bisa menyebabkan wajahmu tampak lebih tua sebelum

Kompas.com
Ilustrasi penuaan dini 

TRIBUNBATAM.id - Penuaan dini adalah sesuatu yang dapat dikendalikan, dan beberapa kesalahan yang dilakukan sekarang, bisa menyebabkan wajahmu tampak lebih tua sebelum waktunya. 

Selain itu, kesalahan tersebut juga bisa memakan waktu bertahun-tahun dalam hidup.

Dokter spesialis kulit di Lenox Hill Hospital, Dr Bruce Robinson melihat kasus penuaan dini terjadi pada banyak orang setiap harinya. 

Untuk mencegah hal itu, dia pun menganjurkan kita menghindari tujuh kesalahan yang bisa mempercepat penuaan dini

1. Posisi tidur miring dan tengkurap

Selain tidur malam yang nyenyak yakni 7-9 jam per hari, posisi tidur juga dapat menentukan bagaimana kita bisa terlihat awet muda.

"Posisi tidur miring — tangan di bawah wajah saat miring — dan tengkurap sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kerutan pada kulit yang mengakibatkan penuaan dini," kata Dr Robinson.

Kerutan pada kulit ini biasanya disebabkan karena gesekan kulit saat menyentuh bantal. Jika terjadi selama bertahun-tahun dapat menyebabkan wajah tampak lebih tua.

Untuk mengurangi gesekan, kita bisa menggunakan sarung bantal berbahan satin dan mengubah posisi tidur menjadi telentang. 

2. Mengalami stres

Dokter Robinson mengungkapkan, stres melepaskan hormon tertentu yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan menghambat proses perbaikan kulit.

Selain itu, sebuah penelitian menemukan apabila peradangan terkait stres juga menyebabkan insomnia, depresi, kecemasan, penurunan kognitif, dan penyakit alzheimer.

"Proses inflamasi kronis berimplikasi pada beragam hasil kesehatan yang terkait dengan penuaan seperti aterosklerosis, resistensi insulin, diabetes, dan sindrom metabolik," kata peneliti.

Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk mencegah rasa stres adalah dengan menenangkan diri lewat meditasi. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved