Breaking News:

CORONA KEPRI

PPKM Mikro Natuna, Pemkab Salurkan Bantuan bagi Pedagang Pantai Piwang

Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan secara simbolis bantuan kepada 35 pedagang di Pantai Piwang yang terdampak PPKM Mikro, Minggu (18/7).

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Wina
PPKM Mikro Natuna, Pemkab Salurkan Bantuan bagi Pedagang Pantai Piwang. Foto Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pedagang di kawasan Pantai Piwang yang terdampak PPKM Mikro, Minggu (18/7/2021) 

Laporan Kontributor Tribunbatam.id di Natuna, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Natuna memberikan bantuan finansial kepada pedagang kawasan Pantai Piwang yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Bantuan yang disalurkan melalui rekening setiap pedagang itu, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Natuna Wan Siswandi pada Minggu (18/7/2021) sore di Pantai Piwang.

Bantuan diberikan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Kepri. Yakni diberikan kepada pedagang Usaha Kecil Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terganggu usahanya karena dibatasi jam operasional.

"Aturan sementara ini usaha mereka boleh buka, tetapi harus mengikuti ketentuan yang berlaku.

Yakni boleh melayani pembeli makan di tempat sampai jam 5 sore. Kemudian sampai jam 8 malam boleh beli, tapi dibawa pulang. Setelah itu mereka harus tutup," jelas Bupati Natuna Wan Siswandi, seusai penyerahan bantuan.

Baca juga: Wali Kota Tanjungpinang Berharap PPKM Darurat Tak Diperpanjang

Bantuan yang diberikan ini sama seperti bantuan bagi pelaku UMKM lainnya. Namun kali ini diberikan khusus bagi para pedagang yang terkena dampak penerapan PPKM Mikro.

"Angka bantuan tidak boleh melebihi angka yang ditetapkan oleh pusat. Pusat kan Rp 2,4 juta selama 4 bulan, jadi perbulannya Rp 600 ribu.
Kalau bulan depan PPKM diperpanjang, mereka akan terima dengan jumlah yang sama," tambah Wan Siswandi.

Penetapan kriteria penerima bantuan juga telah diatur dalam Peraturan Bupati, yakni penerima bantuan selain harus memiliki KTP Natuna, tempat usahanya juga tidak permanen, dan tidak menerima bantuan lain dari pemerintah.

Ada sekitar 58 pedagang di Pantai Piwang yang awalnya didata untuk menerima bantuan. Namun setelah dilakukan verifikasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM Natuna, hanya tersisa 35 pedagang saja.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved