Breaking News:

IDUL ADHA

Bupati Lingga Berkurban Sapi di Gedung Daerah Dabo pada Idul Adha 1442 Hijriah

Bupati Lingga Muhammad Nizar menyebut, jika dikaji ibadah kurban yang diajarkan Nabi Ibrahim sangat kontekstual dengan situasi pandemi saat ini

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Bupati Lingga, Muhammad Nizar berkurban sapi di Gedung Daerah Dabo Singkep, Lingga, Rabu (21/7/2021) pada Idul Adha 1442 H 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga, Muhammad Nizar ajak masyarakat memaknai penyembelihan hewan kurban pada saat Idul Adha.

Nizar saat itu berkesempatan untuk berkurban di Gedung Daerah, Dabo Singkep, Lingga, Rabu (21/7/2021) pagi.

"Alhamdulillah hirobbil 'alamin. Pagi tadi dapat melaksanakan kurban di Gedung Daerah, Dabo Singkep. Tetapi di balik itu semua, kita sebenarnya sedang diuji tentang kesabaran dan keikhlasan," kata Nizar.

Nizar menjelaskan, jika dikaji lebih jauh, ibadah kurban (mendekatkan diri) yang diajarkan Nabi Ibrahim sangat kontekstual dengan situasi saat ini.

Ia melanjutkan, tentu pemahaman masyarakat tidak berhenti sebatas penyembelihan hewan kurban, tetapi jauh memaknai makna yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Sapi Kurban di Bintan Kabur saat Akan Disembelih, Warga Sebar Info Minta Bantuan

Baca juga: PT Angkasa Pura II Bandara RHF Tanjungpinang Sumbang 2 Sapi Limosin pada Idul Adha 1442 H

"Sejatinya ada pesan terdalam dari praktik berkurban, yakni supaya kita semua mampu mengendalikan ego diri. Sifat egoisme yang selalu ingin 'menguasai' diri kita harus 'disembelih'," ucap Nizar.

Di masa yang serba sulit ini akibat pandemi, Nizar mengajak masyarakat memang harus belajar banyak tentang arti pengorbanan dan keikhlasan.

"Buang ego diri kita, mari kita semua saling rangkul, membina kekompakan, melakukan pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan," imbaunya.

Pria berusia 39 tahun ini mengajak masyarakat jangan abai, jangan ego, dan jangan lalai.

Ia menerangkan, kesehatan semua orang adalah sesuatu yang amat termahal.

"Kita tidak tahu kapan dan dimana bisa saja terjangkit Covid-19," ujarnya.

"Barakallah, semoga pengorbanan dan keihklasan kita menjalani kondisi hidup di masa pandemi ini mendapat Rahmat Allah. Sebagaimana kita berkurban pada Idul Adha tahun ini," sambungnya.

(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Lingga

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved