Breaking News:

NATUNA TERKINI

Pembangunan Embung Sebayar di Natuna, Pemkab Siapkan Administrasi Lahan

Kabid SDA Dinas PU Natuna, Nanang Agus menyebut, dana pembangunan Embung Sebayar itu bersumber dari APBN. Saat ini Pemkab siapkan dokumen lahan

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Wina
Pembangunan Embung Sebayar di Natuna, Pemkab Siapkan Administrasi Lahan. Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Natuna, Nanang Agus H 

Laporan Kontributor Tribunbatam.id di Natuna, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna untuk memiliki sumber air baku baru di daerah Sebayar akan segera terealisasi.

Itu menyusul telah dilakukannya kajian oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV Provinsi Kepulauan Riau, belum lama ini.

Dari kajian yang dilakukan BWSS, Embung Sebayar diperkirakan mampu menampung air sebanyak 410.000 meter kubik. Pasokan air ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Natuna hingga tahun 2040 mendatang, terutama yang berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur .

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Pekerjaan Umum Natuna, Nanang Agus H, saat ditemui di tempat kerjanya mengatakan, pembangunan embung tersebut menggunakan anggaran dari APBN. Namun mengenai besaran angkanya masih belum ditentukan.

"Nanti bulan September baru akan dibahas lagi mengenai nilai anggaran pembangunan embung itu," ujar Nanang, Rabu (21/7/2021).

Sejauh ini berbagai dokumen terkait kelengkapan administrasi lahan yang akan dibangun embung, telah disiapkan oleh Pemkab Natuna.

"Lahan itu milik masyarakat, akan dibebaskan Pemkab Natuna nantinya, tapi secara bertahap, sesuai kemampuan keuangan daerah," imbuh Nanang.

Maksimalkan Fungsi Embung Sabang Mawang

Pemkab Natuna sebelumnya juga punya rencana untuk memaksimalkan fungsi Embung Sabang Mawang.

Keberadaan Embung Sabang Mawang itu dinilai belum maksimal untuk mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat di Kecamatan Pulau Tiga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved