Breaking News:

BATAM TERKINI

Pembangunan Panel Surya di Waduk Duriangkang Batam Bakal Serap Tiga Ribu Pekerja

Wali Kota Batam meminta agar pembangunan panel surya itu memprioritaskan tenaga kerja lokal dibanding tenaga kerja asing.

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Septyan Mulia Rohman
Ist
Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi meminta agar pembangunan panel surya di Waduk Duriangkang oleh perusahaan Singapura dapat memprioritaskan tenaga kerja lokal. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan Panel Surya di Waduk Duriangkang oleh perusahaan asal Singapura, SunSeap Group Pte Ltd bakal menyerap tiga ribu tenaga kerja.

Setelah menandatangani MoU, Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan pekerjaan dapat dimulai tahun depan hingga 2024.

Pembangunan Panel Surya ini diyakini dapat menjawab kebutuhan lapangan pekerjaan bagi warga Kota Batam.

"Insya Allah kalau tahun ini administrasinya bisa selesai, tahun depan kami mulai," ungkap Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Kepada SunSeap Group Pte Ltd, pihaknya meminta untuk sebisa mungkin menampung tenaga kerja lokal dari Kota Batam, terkait kebutuhan 3.000 pekerja tersebut.

Pengendara roda dua saat akan keluar pintu lintas Waduk Duriangkang Bagan - Kabil, Senin (1/2/2021).
Pengendara roda dua saat akan keluar pintu lintas Waduk Duriangkang Bagan - Kabil, Senin (1/2/2021). (TribunBatam.id/Alamudin)

Hal ini sekaligus guna menurunkan angka pengangguran, serta meningkatkan kesejahteraan Warga Batam, baik warga lokal maupun pendatang.

"Saya berpesan, kalau bisa anak-anak lokal kita dipekerjakan di situ.

Kalau untuk posisi tenaga ahli tidak tersedia, boleh lah pakai tenaga kerja asing," ucapnya.

Ia berharap, ke depannya, tenaga-tenaga kerja lokal asal Batam dapat menduduki seluruh posisi tenaga operator, produksi atau ahli, di semua bidang usaha dan proyek yang ada di Kota Batam.

Seperti diketahui, melalui kerjasama antara BP Batam dengan SunSeap Group, Batam akan segera dibangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Adapun konsep PLTS tersebut menggunakan floating photovoltaic system (FPV) dan energy storage system (ESS).

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved