Breaking News:

INFO CUACA KEPRI

Info Cuaca Kepri - BMKG Prediksi Batam Hujan di Pagi Hari, Pulau Bintan Berawan

Berikut info cuaca Kepri untuk Batam, Pulau Bintan dan sejumlah wilayah di Provinsi Kepri mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).

TRIBUNBATAM.ID/PERTANIAN SITANGGANG
Seorang pengendara melintasi jalan Marina City, Kota Batam, Provinsi Kepri. BMKG memprediksi hujan terjadi pada sejumlah wilayah di Batam saat pagi hari. Foto diambil beberapa waktu lalu. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Kelas I Hang Nadim memprakirakan cuaca di Kota Batam cenderung hujan pada pagi hari, Minggu (1/8/2021).

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan berpeluang disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di sejumlah wilayah sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

"Secara umum kondisi cuaca di Kepulauan Riau hari ini diprakirakan berawan dengan potensi hujan skala lokal," ujar Kepala BMKG Kelas I Hang Nadim melalui Prakirawan BMKG, Fauzan Lathif dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id.

Sementara itu, menjelang siang sampai ke hari berikutnya, cuaca akan kembali cerah dan cenderung berawan tanpa tanda-tanda hujan.

Sedangkan kondisi perairan di wilayah Batam, pada 1 Agustus hingga 2 Agustus 2021 masuh diprakirakan bergelombang tenang.

Diguyur hujan sebentar, jalan lintas Marina City, Sekupang atau tepatnya di depan Hotel Harris Sekupang Batam banjir.
Diguyur hujan sebentar, jalan lintas Marina City, Sekupang atau tepatnya di depan Hotel Harris Sekupang Batam banjir. (TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING)

Kecepatan angin berembus dari arah tenggara menuju barat daya sebesar 4-18 knot.

Sementara untuk Pulau Bintan, BMKG Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan cuaca untuk wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) untuk tiga hari ke depan.

Analisis dinamika suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 29 Juli 2021 di sekitar Perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang hangat berkisar antara 29 - 30°C.

Serta anomali SST di wilayah perairan Kepulauan Riau cenderung bersifat netral yang bernilai antara 0.0 s.d.+0.5°C.

"Indeks ENSO terupdate masih bernilai -0.19 dan dalam kondisi netral, dan diprakirakan kondisi netral ini akan berlangsung hingga Desember-Januari-Februari 2022.

Sehingga secara umum tidak memberikan dampak terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia," kata Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Robbi A Anugrah, Minggu, (1/8/2021).

Baca juga: CUACA di Natuna Buruk, Nelayan Enggan Melaut, Yanto : Gelombang Tinggi Ikan tak Makan Umpan

Baca juga: Sebuah Pohon di Jalan Brigjen Katamso Batuaji Batam Tumbang saat Hujan Disertai Angin Kencang

Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate juga masih bernilai -0.52 yang menunjukkan kondisi negatif, dan diprakirakan akan kembali netral dan berlangsung hingga Januari 2022.

Sehingga cukup berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat.

Analisis per tanggal 29 Juli 2021 menunjukkan MJO tidak aktif, sehingga tidak berpengaruh terhadap peningkatan distribusi awan-awan konvektif penghasil hujan di wilayah Indonesia, terutama bagian barat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved