Breaking News:

Mana yang Lebih Kaya akan Protein, Tempe atau Tahu?

Tempe dan tahu merupakan salah satu makanan sumber protein nabati yang murah, bergizi, dan lezat. Kedua makanan ini dibuat dari kacang kedelai dan ...

Kompas.com
Ilustrasi tempe dan tahu 

TRIBUNBATAM.id - Tempe dan tahu merupakan salah satu makanan sumber protein nabati yang murah, bergizi, dan lezat. 

Kedua makanan ini dibuat dari kacang kedelai dan menawarkan manfaat kesehatan yang serupa, namun memiliki rasa, tekstur, dan profil nutrisi yang berbeda. 

Untuk membuat tahu, susu kedelai harus digumpalkan dan ditekan hingga menjadi balok-balok putih padat. 

Sementara itu, tempe dibuat dari kedelai yang difermentasi dan dipadatkan. Tak hanya kacang kedelai, biji-bijian lain juga bisa dijadikan bahan baku pembuatan tempe

Bagi vegetarian, tempe dan tahu bisa dikonsumsi sebagai pengganti daging yang bergizi dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan. 

Kandungan nutrisi tempe dan tahu

Tempe dan tahu mengandung berbagai macam nutrisi. Sebanyak 3 ons tempe mengandung 140 kalori, 16 gram protein, 10 gram karbohidrat, 7 gram serat, 5 gram lemak, kalsium, zat besi, kalium, dan sodium. 

Sedangkan 3 ons tahu mengandung 80 kalori, 8 gram protein, 2 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram lemak, kalsium, zat bsi, kalium, dan sodium. 

Dilansir dari Healthline, meski kandungan nutrisi keduanya tampak serupa, ada beberapa perbedaan penting antara tempe dan tahu

Tempe biasanya dibuat dari kacang-kacangan atau biji-bijian sehingga secara signifikan lebih kaya akan kalori, protein, dan serat. 

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved