Breaking News:

Inggris dan Indonesia Kerja Sama Bangun Tenaga Kerja Maritim yang Berdaya Saing Global

Program Skills for Prosperity di Indonesia (SfP-Indonesia) dan Politeknik Negeri Batam dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Dewi Haryati
Ist
Peluncuran Program Indonesia - Inggris Skills For Prosperity Untuk Batam dan Semarang ''Politeknik Kuat, Industri Maritim Hebat 

BATAM, TRIBUNBATAM.idMemaksimalkan proses pembelajaran siswa dan membekali mereka dengan keterampilan yang sesuai dengan standar maritim global serta permintaan pasar tenaga kerja merupakan tujuan kunci dari kemitraan baru dalam pengembangan keterampilan antara Program Skills for Prosperity di Indonesia (SfP-Indonesia) dan Politeknik Negeri Batam (Polibatam) dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) yang diluncurkan hari ini.

Program SfP-Indonesia ini didanai oleh Pemerintah Inggris.

Program ini bekerja sama dengan politeknik-politeknik untuk meningkatkan keselarasan kurikulum mereka dengan tren industri dan standar internasional dalam sektor maritim serta memperkuat keterlibatan industri.

Melalui program berbagi pengetahuan dan kerja sama dengan mitra internasional—Solent University dan City of Glasgow College—program SfP-Indonesia memberikan dukungan teknis dalam peningkatan dan pengembangan kurikulum, pembangunan kapasitas bagi pengajar dan staf akademik dan memperkaya proses pembelajaran siswa.

Para siswa dapat mengambil manfaat dari pengembangan keterampilan interaktif melalui pembelajaran berbasis kerja dan konsultasi dengan para ahli, di mana hal ini dapat mendukung mereka mendapatkan pekerjaan yang layak.

Pembentukan Dewan Pengawas Industri untuk setiap politeknik dan mempromosikan pemagangan terstruktur merupakan beberapa program yang akan dilaksanakan dalam lingkup pelibatan industri.

City of Glasgow College membantu Polibatam dalam memperkuat program studi empat tahun dalam bidang logistik dan perdagangan internasional.

Solent University bekerja sama dengan Polimarin untuk mengembangkan kurikulum baru selama empat tahun dalam bidang teknik pelayaran.

Pada acara peluncuran ini, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, memuji inisiatif ini sebagai upaya penting dalam pemulihan ekonomi.

“Saya percaya kemitraan ini akan membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja yang terampil dan berdayasaing global untuk industri maritim agar dapat menjadi bantalan penting bagi kinerja ekonomi di sektor ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selama pemulihan ekonomi pasca COVID-19, sangatlah penting bagi para lulusan dan pekerja untuk tidak hanya mempunyai tapi juga menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri dan tren global.

Peluncuran Program Indonesia - Inggris Skills For Prosperity Untuk Batam dan Semarang ''Politeknik Kuat, Industri Maritim Hebat
Peluncuran Program Indonesia - Inggris Skills For Prosperity Untuk Batam dan Semarang ''Politeknik Kuat, Industri Maritim Hebat (Ist)

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved