Breaking News:

DPRD Batam Dorong Pemerintah Tingkatkan PAD dan Optimalisasi Jaring Pengaman Sosial

9 Fraksi DPRD Batam telah menyampaikan pandangannya atas Ranperda Perubahan APBD Batam Tahun Anggaran 2021. Begini tanggapan masing-masing fraksi

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Argianto
Sejumlah anggota DPRD Batam menghadiri sidang paripurna dengan agenda tanggapan atau jawaban Wali Kota Batam atas pendangan umum fraksi terhadap Ranperda Perubahan APBD Batam tahun 2021, Selasa (24/8/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - 9 Fraksi DPRD Batam telah menyampaikan pandangannya atas Ranperda Perubahan APBD Batam Tahun Anggaran 2021.

Pandangan fraksi ini disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kota Batam, Selasa (24/8/2021).

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang menyampaikan jawaban atas pandangan fraksi tersebut.

Fraksi PDI Perjuangan yang diwakilkan oleh Anggota Dewan, Tumbur M Sihaloho, S.E., menyoroti berbagai upaya optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

"Kami mendorong upaya konkret pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dan retribusi dari semua potensi yang ada," ujar Tumbur.

Baca juga: DPRD Batam Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 Jenis Astrazeneca

Baca juga: Pengesahan Ranperda Pembangunan Libatkan Warga Molor, DPRD Batam Minta Waktu 30 Hari

Pihaknya menekankan, dalam upaya peningkatan PAD ini, Pemko Batam dapat mengoptimalkan dan membangkitkan sumber-sumber pendapatan yang selama ini tidak berjalan.

Selain itu, upaya perbaikan dalam hal penyerapan anggaran juga harus terus digesa.

"Diharapkan kita dapat bersama-sama melakukan pengawasan terhadap objek-objek pendapatan tersebut," ujar Tumbur.

Dalam hal penanggulangan dampak Covid-19, pihaknya mendorong agar penyediaan anggaran belanja untuk penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial agar dapat dilaksanakan tepat sasaran.

Penggunaan anggaran belanja daerah, dalam hal ini, harus terus diawasi dan dievaluasi. Menurut Tumbur, pengawasan ketat diperlukan untuk menghindari adanya penyalahgunaan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved