Breaking News:

CORONA KEPRI

DITEMUKAN di Batam dan Tanjungpinang, 7 Virus Covid-19 Varian Alpha dan 3 Varian Delta

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menemukan Alpha dan Delta di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Tribun Network
Ilustrasi Covid-19. Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menemukan Alpha dan Delta di wilayah Kepulauan Riau (Kepri). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam menemukan Alpha dan Delta di wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Varian baru tersebut pertama kali diketahui sekitar Januari 2021.

Hingga kini, jumlah total varian baru Alpha di Kepri mencapai 7 kasus dan varian Delta 3 kasus.

Kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa mengatakan, varian baru ini ditemukan di dua wilayah kota, yaitu Tanjungpinang dan Batam.

Hasil temuan ini diperoleh dari pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) yang sampelnya dikirim dari BTKLPP ke Badan Litbangkes Kemenkes RI.

"Di Tanjungpinang ada 3 varian Alpha, sedangkan di Batam ada 4 varian Alpha dan 3 varian Delta," ujar Budi, ketika dihubungi, Rabu (8/9/2021).

Sampai saat ini, belum ada tambahan temuan varian baru lagi di wilayah Kepri.

Meski, BTKLPP Batam terus mengirimkan sampel-sampel positif Covid-19 dengan kriteria tertentu, ke Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, BTKLPP Batam mengirimkan 450 sampel positif yang diduga mengandung virus Corona varian baru.

Budi mengatakan, kemungkinan hasil pemeriksaan WGS terhadap sampel-sampel itu akan segera diketahui dalam dua minggu ke depan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved