Breaking News:

NATUNA TERKINI

179 Nelayan Vietnam di Natuna Menunggu Dipulangkan ke Negara Asal

179 nelayan Vietnam tersangkut kasus illegal fishing di Natuna menunggu dipulangkan ke negara asalnya. Pemulangan rencananya dilakukan akhir September

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id
179 Nelayan Vietnam di Natuna Menunggu Dipulangkan ke Negara Asal. Foto pertemuan Kedubes Vietnam dengan nelayan Vietnam secara virtual di Kantor Imigrasi Ranai di Natuna, Jumat (10/9/2021) 

Laporan Kontributor Tribun Batam di Natuna, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - 179 nelayan Vietnam tersangkut kasus illegal fishing di Natuna menunggu dipulangkan ke negara asalnya.

Rencananya pemulangan warga negera asing (WNA) asal Vietnam itu akan dilakukan pada akhir September mendatang.

Selama ini, upaya pemulangan nelayan Vietnam itu terkendala perubahan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah negara tersebut terkait pandemi Covid-19.

Menyikapi hal ini, Kantor Imigrasi Klas II Ranai pun turun tangan dengan memfasilitasi dialog virtual antara Kedutaan Besar Vietnam dengan nelayan asal Vietnam.

Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang, dalam pertemuan secara virtual dengan para nelayan Vietnam di Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai menjelaskan, sebelum dipulangkan, para Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam itu harus dipastikan dulu benar atau tidaknya sebagai warga negara Vietnam.

Baca juga: Kapal Ikan Vietnam Ditangkap Korpolairud Baharkam Polri di Laut Natuna

Baca juga: 2 Kapal Berbendera Vietnam Ditangkap saat Mencuri Ikan di Natuna

Proses verifikasi terkait hal itu saat ini masih berlangsung dan banyak memakan waktu.

Namun jika tidak ada hambatan dan perubahan, proses pemulangan akan dimulai pada akhir September 2021.

Tentunya setelah proses verifikasi data ABK tersebut selesai karena berkaitan dengan paspor mereka untuk bisa masuk ke negara Vietnam.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II TPI Ranai, Gelora Nusantara menyampaikan terima kasih kepada pihak kedutaan yang mau melakukan dialog terkait keberadaan WN Vietnam dan proses pemulangan mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved