Breaking News:

HUT TRIBUN BATAM

Gubernur Kepri Pertama di HUT Tribun Batam, Ungkap Lahirnya Provinsi Kepri

Gubernur Kepri pertama Ismeth Abdullah mengungkap pembentukan Provinsi Kepri pada HUT Tribun Batam ke-17. Seperti apa suka dukanya?

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Septyan Mulia Rohman
ISTIMEWA
Gubernur Kepri pertama Ismeth Abdullah. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kemajuan Kota Batam tak lepas dari terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai provinsi ke-32 di Indonesia.

Drs. H. Ismeth Abdullah, sebagai sosok utama di balik pembentukan provinsi Kepulauan Riau, mengungkapkan proses pembentukan provinsi yang berdekatan dengan negara tetangga Singapura tersebut.

Hadir dalam perayaan ulang tahun Tribun Batam ke-17, Ismeth Abdullah mengungkapkan jika Provinsi Kepri mulanya dibentuk dari komponen sarana dan pra sarana awal yang minim.

Pada masa pemerintahan Presiden Republik Indonesia, Megawati, Ismeth Abdullah ditunjuk menjadi Gubernur Kepri pertama yang memulai pengembangan ibukota provinsi.

"Dulu kantor tidak ada, pegawai pemerintah tidak ada, mobil juga tak ada.

Baca juga: HUT 17 Tahun Tribun Batam, Ucapan Karangan Bunga Penuhi Komplek MCP Batu Ampar

Baca juga: Tribun Batam Podcast, Siap-Siap Sekolah Tatap Muka di Kepri

Jadi benar-benar memulai dari nol kita, dengan anggaran yang dulu cuma Rp 100 miliar," ujar Ismeth Abdullah, ketika hadir dalam acara perayaan hari ulang tahun Tribun Batam ke-17, pada Rabu (15/9/2021).

Ismeth mengatakan, pembangunan fisik ibukota provinsi digunakan murni melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan anggaran otorita batam.

Dengan dana tersebut pihaknya berhasil membangun bermacam-macam infrastruktur dan fasilitas umum.

Sebut saja dua unit rumah sakit di Tanjunguban dan Tanjungpinang, pelabuhan di Telaga Punggur Batam, bandara di Tanjungpinang serta pusat perkantoran di Dompak.

"Penunjukan ibukota provinsi di Dompak itu hasil voting di DPRD.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved