Breaking News:

BATAM TERKINI

Hingga September Ada 413 Kasus DBD di Batam, Bisa Bertambah saat Musim Hujan

Kepala Dinas Kesehatan Batam Didi Kusmajardi mengingatkan warga mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue yang belakangan kasusnya mulai meningkat.

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id
Dinkes Batam menggalakan peran juru pemantau jentik (jumantik) dengan programnya 'Gerakan 1 rumah 1 jumantik' untuk mengatasi kenaikan kasus DBD di Batam belakangan ini. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam mengingatkan warga mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Pasalnya, saat ini tengah memasuki musim hujan dan diprediksi kasus DBD akan meningkat di saat musim hujan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmajardi mengatakan di saat curah hujan biasanya populasi nyamuk aedes aegypti akan meningkat.

Peningkatan ini tentunya juga meningkatkan penularan penyakit DBD.

"Kasus DBD ini bersifat fluktuatif. Namun saat musim hujan, kejadian penyakit DBD akan meningkat," ujar Didi, Rabu (15/9/2021).

Di mana katanya pada musim hujan populasi Aedes aegypti akan meningkat karena telur yang belum menetas akan menetas ketika habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan.

Kondisi ini akan meningkatkan populasi nyamuk sehingga dapat menyebabkan peningkatan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue.

"Oleh sebab itulah kita menghimbau untuk tetap 3 M + yakni menguras, mengubur, dan menutup wadah yang berpotensi jadi sarang nyamuk. Peran aktif masyarakat sangat diperlukan di dalam mencegah penyebaran DBD ini," imbaunya.

Baca juga: BUKAN Akibat Pandemi Covid-19, Ini Pemicu Jumlah Pengangguran di Batam Melonjak

Selain itu Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Kesehatan Batam untuk penanganan kasus DBD ini.

Salah satunya dengan memberikan penyuluhan ke masyarakat. Sampai dengan menggalakan peran juru pemantau jentik (jumantik) dengan programnya 'Gerakan 1 rumah 1 jumantik'.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved