Breaking News:

PANCASILA

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Contoh Sikap Positif Terhadap Nilai Pancasila dan Pengertiannya

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertah

Instagram
Hari Kesaktian Pancasila - Foto: Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id - Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk mengingat perjalanan sejarah dalam mempertahankan ideologi negara. 

Perjuangan panjang tersebut perlu diingat oleh setiap generasi agar bisa dijadikan cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Penting untuk kita mengetahui sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Segenap warga negara Indonesia perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa demikian? 

Mengutip buku 'Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara' karya Aa Nurdiaman, Pancasila merupakan sumber nilai yang menjadi pedoman sikap dan perilaku manusia Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Sikap positif terhadap Pancasila dapat diwujudkan dengan tidak melakukan pola hidup yang berlebihan, menjunjung perdamaian, menghindari kekerasan, bersikap terbuka, dan menghindari sikap kedaerahan yang berlebihan. 

Baca juga: Mengenang 7 Pahlawan Revolusi dan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Sejarah Singkat Peristiwa G30S/PKI

Baca juga: Daftar Pahlawan Revolusi, Momen Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Apa maksud dari sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila?

Sikap positif dapat diartikan sebagai sikap yang baik dalam menanggapi sesuatu. 

Maka dari itu, sikap positif terhadap nilai-nilai Pancasila adalah sikap yang baik dalam menanggapi dan mengamalkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. 

Sehingga, seseorang selalu berpedoman pada nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, dalam setiap perilaku sehari-hari. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved