Breaking News:

PANCASILA

Mengenang 7 Pahlawan Revolusi dan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Sejarah Singkat Peristiwa G30S/PKI

Banyak peristiwa penting yang terukir dalam sejarah Indonesia yang perlu diingat oleh segenap masyarakat. Salah satunya yakni peristiwa G30S atau yang

Tribunnewswiki.com
HARI KESAKTIAN PANCASILA - Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk mengenang peristiwa G30S/PKI. FOTO: Suasana pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 1989. Monumen Pancasila Sakti dibangun di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur. 

TRIBUNBATAM.id - Banyak peristiwa penting yang terukir dalam sejarah Indonesia yang perlu diingat oleh segenap masyarakat, terutama para generasi muda masa kini. 

Salah satunya yakni peristiwa Gerakan 30 September atau yang biasa kita kenal dengan nama G30S/PKI. 

Peristiwa ini terjadi pada 30 September hingga 1 Oktober 1965 di Jakarta dan Yogyakarta, ketika enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta.  

Berikut ini adalah kronologi peristiwa G30S beserta sejarah singkat pasca kejadian tersebut yang telah dirangkum Tribunbatam.id dari berbagai sumber: 

1. Sejarah Singkat G30S/PKI

G30S merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. 

Gerakan ini dipimpin oleh DN Aidit yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, Letkol Untung yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang dianggap loyal pada PKI.

Baca juga: Daftar Pahlawan Revolusi, Momen Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Gerakan ini mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan yang lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. 

Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved