Breaking News:

Rapimnas PII di Batam Bahas Beberapa Program, Kirim 50 Mahasiswa Magang ke Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) gelar Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) di Swiss-Bellhotel, Harbour Bay Batam, Kepri, Sabtu, (25/9/2021).

TRIBUNBATAM/RONNYE
Persatuan Insinyur Indonesia (PII) gelar Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) di Swiss-Bellhotel, Harbour Bay Batam, Kepri, Sabtu, (25/9/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) gelar Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) di Swiss-Bellhotel, Harbour Bay Batam, Kepri, Sabtu, (25/9/2021).

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dr. Ir. Heru Dewanto mengatakan Rapimnas internal organisasi PII seperti melaporkan apa yang sudah di kerjakan selama ini, sekaligus evaluasi untuk menentukan langkah-langkah berikutnya,

"Sejauh ini kinerja PII yang kita catat banyak sekali. Kita lakukan untuk ketiga pilar utama yakni , profesionalisme, sosial kemasyarakatan, dan strategis yang menegaskan bahwa bagaimana kita berperan di dalam kebijakan pembangunan, dan kerja sama PII dengan Pemerintah baik di daerah maupun Pusat," ujar Heru.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus PII wilayah dan seluruh cabang se-Indonesia dari ketua bidang hingga ketua komisi PII dan pengurus pusat juga membahas secara garis besar dalam mempersiapkan situasi pandemi menjadi normal atau hidup seperti dulu lagi.

Dikatakannya, ada hal spesifik yang di sampaikan pada kesempatan ini terkait dengan Batam.

Baca juga: PII Dorong Kesiapan Pemerintah Hadapi Situasi Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

PII ingin mewujudkan program antara PII dengan Politeknik yang ada di Indonesia yang terpusat di Batam, yang mana dalam waktu dekat PII akan mengirimkan 50 orang mahasiswa se Indonesia ke Hungaria, Eropa untuk magang selama 3 tahun.

"Mereka yang berangkat nantinya bisa bekerja dengan standar dan fasilitas Industri serta gaji sesuai dengan aturan yang ada di Eropa, dan tidak di biayai oleh pihak Indonesia," ungkapnya.

Adapun 50 orang tersebut khusus dari Politeknik Negeri Batam yakni 9 orang yang akan diberangkatkan ke Hungaria, yang mana akan di berangkatkan pada bulan November 2021 mendatang.

"Ini adalah langkah awal dan setiap tahun kita akan melakukan dan mengirimkan hal serupa sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang ada di Eropa," imbuhnya.

Adapun beberapa persyaratan yakni calon pekerja tersebut merupakan seorang mahasiswa Politeknik ataupun lulusan Politeknik.

Ini merupakan gagasan dari PII bekerjasama dengan Politeknik yang ada di Indonesia dan perusahaan yang ada di Hungaria sebagai customernya. Ini semua tidak ada subsidi dan pembiayaan dari pemerintah Indonesia.

"Khusus Politeknik Batam lagi kita dorong supaya menjadi pelaksana program pendidikan profesi Insinyur. Seperti yang diketahui pendidikan profesi Insinyur selama ini dilaksanakan di perguruan tinggi, nah kali ini untuk pertama kalinya akan di lakukan di Politeknik," paparnya.

Selain itu, PII juga sudah bertemu dengan Wali Kota Batam untuk dilakukan pengembangan taman Insinyur di Batam.

Taman rencananya diuat di Simpang Jam atau Laluan Madani, dengan luas 1,1 hektare sebagai tempat santai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved