Breaking News:

Ratusan WN Vietnam Eks ABK Kapal Ikan Dideportasi Lewat Bandara Hang Nadim Batam

108 warga negara Vietnam eks ABK Kapal Ikan Asing yang ditangkap di Perairan Natuna, dideportasi ke negara asal lewat Bandara Hang Nadim Batam

Penulis: Kontributor Natuna | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Potret warga negara Vietnam, eks ABK Kapal Ikan Asing di Natuna sebelum dideportasi ke negara asal lewat Bandara Hang Nadim Batam 

Laporan Kontributor Tribun Batam, Wina

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Sebanyak 108 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara (WN) Vietnam di Natuna, dideportasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai ke negara asalnya.

Ratusan warga negara asing itu, diberangkatkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Bamboo Airways QH 9386 tujuan Dong van Quang Ninh Vietnam, Selasa (28/9/2021).

Para ABK yang dipulangkan ini, merupakan gabungan dari ABK yang berada di Kantor Imigrasi dan Lanal Ranai. Mereka eks ABK Kapal Ikan Asing (KIA) itu, sebelumnya berada di Natuna karena tersangkut kasus illegal fishing di perairan Natuna dan telah selesai menjalani proses hukum.

Deportasi ratusan ABK itu dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai Nomor : W.32.IMI.IMI.6-GR.03.02-560 Tahun 2021 Tanggal 22 September 2021, Hal Keputusan Tindakan Administratif Keimigrasian (Pendeportasian).

Proses pemulangan tersebut diawali dengan pemindahan para ABK ke Batam yang dilakukan secara bertahap. Mengingat keterbatasan dari kapasitas penerbangan.

Pemindahan dilakukan dengan pengawalan dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai. Para ABK tersebut kemudian ditempatkan di hotel untuk menunggu semua ABK tiba di Batam.

Setelah semua ABK berkumpul, semuanya dibawa menuju Bandara Hang Nadim untuk dilakukan proses deportasi dengan pengawalan petugas serta tetap memperhatikan prosedur kesehatan.

Baca juga: 179 Nelayan Vietnam di Natuna Menunggu Dipulangkan ke Negara Asal

Baca juga: Kapal Ikan Vietnam Ditangkap Korpolairud Baharkam Polri di Laut Natuna

Setelah proses pemeriksaan keimigrasian di Bandara Internasional Hang Nadim selesai, seluruh ABK diberikan Alat Pelindung Diri (APD) oleh Kedutaan Vietnam.

Lantas pada pukul 15.00 WIB, semua WN Vietnam boarding ke pesawat dan diperkirakan sampai di Vietnam dua jam setelahnya. (*/Tribunbatam.id/Wina)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved