Breaking News:

CORONA KEPRI

PPKM Batam Turun Level, Pelaku Pariwisata Diminta Tak Abai Prokes, Ini Alasannya

Ketua Apindo Batam Rafki Rasyid mengingatkan agar pelaku usaha pariwisata lebih mengedepankan protkes saat PPKM Batam sudah turun level

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
PPKM Batam Turun Level, Pelaku Pariwisata Diminta Tak Abai Prokes. Foto Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pasca turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batam, berbagai jenis usaha saat ini tengah berlomba-lomba untuk kembali membuka usahanya. Salah satunya sektor pariwisata.

"Sektor pariwisata saat ini sedang bersiap-siap untuk beraktivitas kembali. Namun tentunya harapan kami agar pelaku usaha pariwisata lebih mengedepankan penerapan protkes (protokol kesehatan) dulu di tempat masing-masing ketimbang mengejar pendapatan," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki Rasyid, Sabtu (9/10/2021).

Dalam hal ini, ia meminta kepada pelaku usaha kepariwisataan untuk bisa benar-benar menerapkan protkes secara maksimal, ketimbang mengejar pendapatan.

Lantaran banyak para ahli yang berpendapat, bahwa penurunan kasus penularan Covid-19 saat ini di Indonesia, sangat memungkinkan mengalami peningkatan, jika masyarakat mengabaikan protkes.

"Kita imbau agar para pelaku usaha pariwisata untuk tetap berhati-hati dan tetap berdoa. Semoga Covid-19 ini benar benar tuntas dan aktivitas pergerakan orang bisa normal kembali," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar menyebutkan, sebanyak 60-70 persen destinasi wisata yang ada di Kepri sudah membuka usahanya pasca-turunnya level PPKM.

“Presentase tempat wisata yang ada di Kepri sudah membuka usahanya di kisaran 60-70 persen,” ujar Buralimar.

Baca juga: JUMLAH Kasus Turun, 5 Rumah Sakit di Batam Masih Rawat Pasien Covid-19

Baca juga: Angka BOR Pasien Covid-19 Karimun di Bawah 50 Persen, Kadinkes: Jangan Lalai Prokes

Meski demikian, pihaknya tetap mengingatkan dan menekankan penerapan protkes bagi pelaku usaha hingga wisatawan dalam aktivitasnya. Seperti diwajibkan pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan selalu menggunakan hand sanitizer.

Mengingat, menjaga protkes selama pandemi Covid-19 ini sangat penting. Sehingga pencegahan covid-19 dan pemulihan ekonomi di Kepri bisa berjalan bersamaan.

“Protokol kesehatan tetap kita jaga. Tetap semangat membuka sektor wisata, namun dengan aturan protkes yang ketat. Mulai dari jumlah pengunjungnya, dan ketersedian alat-alat yang seuai dengan protkes selama di lokasi," katanya.

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Corona Kepri

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved